Perbuatan Yang Dilarang Nabi Namun Sering Kita lakukan

“Barang siapa bangun di pagi hari kemudian mengadukan kesulitannya kepada sesama (mahkluk/manusia), maka seolah-olah ia mengadukan tuhannya (karena tidak rela dengan apa yang diterimanya). Dan barang siapa merasa  sedih dengan kondisi duniawinya di waktu pagi, maka dia pagi-pagi telah membenci Allah. Dan barang siapa merendahkan dirinya di hadapan orang kaya karena kekayaannya sungguh telah lenyap dua pertiga agamanya.” (Al-Hadist)

Perbuatan Yang Dilarang Nabi Namun Sering Kita lakukan
Ilustrasi - Gambar: 3G Indonesia

Sebagai seorang muslim hendaklah kita menghindari perkara-perkara dan perbuatan yang dilarang oleh Baginda Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam yang disampaikan melalui wasiat hadist-hadistnya, diantara perkara dan perbuatan yang sering kita lihat masih dilakukan bagi sebagian umat islam, padahal sesungguhnya Baginda Nabi sangat melarangnya seperti hadist yang tertulis diatas yaitu:

# Mengadukan Segala Kesulitan Diri Sendiri Kepada Sesama Manusia Lainnya

Jika kondisi semacam diatas dilakukan, sesungguhnya kita telah meniadakan keberadaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Sesungguhnya, apa yang kita adukan dan keluhkan kepada orang lain, baik itu kepada tetangga ataupun teman dekat, merupakan sebuah ketetapan dan suratan takdir dari Allah Azza wa Jalla, dengan mengadukan kesulitan hidup kepada sesama, itu artinya kita merasa tidak puas dengan segala pemberian dan takdir serta kuasaNya.

Maka perbanyaklah doa sebagaimana Nabi Musa tatkala beliau mengarungi lautan bersama para kaumnya, ”Ya Allah segala puji bagi-Mu. Kepada Engkaulah aku mengadu dan hanya Engkau yang bisa memberi pertolongan. Tiada daya dan upaya, serta tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha  Tinggi lagi Maha Agung.”

# Merasa Sedih Dengan kondisi duniawinya

Kesulitan didalam memperoleh harta merupakan salah satu kesedihan didalam urusan duniawi, merasa sedih didalam perkara ini, patutlah kita hindari, sebab, hanya akan membuat kita terpancing oleh godaan setan untuk menghalalkan segala cara demi mendapatkan apa yang kita inginkan, dan merugilah orang–orang yang demikian itu, sungguh, harta itu akan lenyap dalam sekejab, ia tidak akan dibawa kedalam kubur, dan ia juga tidak akan menyelamatkan kita dari panasnya api neraka, lantas untuk apalagi kita kuras tenaga dan pikiran kita untuk memikirkannya.

# Merendahkan Diri Di Hadapan Orang Kaya Karena Faktor Kekayaannya

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam melarang kita untuk merendahkan diri di hadapan sesama manusia hanya karena faktor kelebihan hartanya, termasuk didalamnya adalah mengagumi seseorang yang di sebabkan karena harta kekayaannya, karena yang demikian itu termasuk kepada sifat Thama’ yaitu rasa pengharapan yang tinggi kepada sesama manusia, hal itu sesungguhnya sangat di benci oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala karena hakikatnya pengharapan seperti itu hanya boleh di sandarkan hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala saja.

Demikian, semoga ada manfaatnya. Aamiin...

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Perbuatan Yang Dilarang Nabi Namun Sering Kita lakukan "

Post a Comment