Pahala Shalat Jum’at Hapus Dengan Sebab Hal Sepele Ini

“Siapa yang berbicara maka tidak ada pahala jumatan baginya.” (HR Ahmad)

Pahala Shalat Jum’at Hapus Dengan Sebab Hal Sepele Ini
Gambar (mutiarapublic)

Shalat Jum’at adalah salah satu rutinitas mingguan yang menjadi kewajiban bagi laki-laki muslim yang sudah akil baligh.

Salah satu rukun didalam shalat jum'at adalah mendengarkan khutbah jum'at, apabila rukun yang satu ini ternoda, maka bisa membatalkan dan menggugurkan pahala shalat jum'atnya.

Hal ini memang sepele namun dahsyat dalam menghapus dan menghilangkan pahala shalat jum'at, maka, hal ini perlu diketahui oleh semua umat islam, agar shalat jumat kita menjadi sempurna dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Silahkan perhatikan hadist-hadist berikut ini:

“Siapa yang berbicara maka tidak ada pahala jumatan baginya.” (HR Ahmad)

Banyak para ulama sering menerangkan perkara ini, bahkan mereka merinci lagi, sekedar mengatakan “Diam” saja atau mengingatkan orang lain pun tetap dilarang karena bisa menghapus dan menggugurkan pahala shalat jum’at.

Di dalam hadist lainnya, Nabi menjelaskan lagi, bahwa orang yang berbicara saat imam sedang khutbah, maka ia seperti keledai yang sedang menggendong barang bawaan.

“Siapa yang berbicara di hari Jum’at ketika imam sedang khutbah, maka dia seperti keledai yang menggendong barang bawaan. Sementara orang yang mengatakan ‘Diam’ maka tidak ada jumatan baginya.” (HR Ahmad).

Diam dan duduknya seseorang didalam masjid ketika khotib sedang menyampaikan khutbah jum'at, adalah merupakan cara jitu dalam mencari kesempurnaan pahala shalat jum'at.

Bahkan, ketika khotib sedang menyampaikan khutbah jum'at tersebut, malaikat pencatat shalat jum'at pun, ikut diam mendengarkan khutbah.

“Pada hari jumat, di setiap pintu masjid ada malaikat yang mencatat orang yang akan shalat satu persatu. Jika imam telah duduk (di mimbar saat adzan), mereka melipat lembaran catatan (keutamaan amal) dan datang mendengarkan peringatan.” (HR Bukhari)

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Pahala Shalat Jum’at Hapus Dengan Sebab Hal Sepele Ini"

Post a Comment