Karena Hal Inilah Iblis Menjadikan Manusia Teman Sejatinya


"Dan ingatlah ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah  kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis" (Q.S.Al-Baqarah:34)

Karena Hal Inilah Iblis Menjadikan Manusia Teman Sejatinya
Ilustrasi Iblis (Gambar:infoyunik.com)

Kata-kata iblis didalam bahasa Arab berasal dari kata ablasa yang berarti putus asa atau dari kata balasa yang berarti tiada kebaikannya.

Iblis adalah makhluk ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang berasal dari golongan jin yang melakukan pembangkangan dengan tidak maunya dia bersujud kepada adam ketika diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Setelah kejadian itulah Iblis bersama setan dan balatentaranya telah mendapatkan mandat dari Allah Ta'ala untuk menyesatkan manusia yang tidak beriman agar bisa dihukum bersama-sama di akhirat nanti. 

Dalam Kitab Sirojut Thalibin pada Juz pertama halaman 280 dijelaskan bahwa, ada 10 jenis manusia yang dijadikan teman atau sahabat sejati oleh Iblis Laknatullah.

1. Seorang pemimpin yang fasik

Yaitu seorang pemimpin yang berkhianat dari tugas dan tanggung jawab serta amanah yang ada padanya.

2. Orang kaya yang sombong

Teman sejati iblis selanjutnya adalah orang kaya yang sombong. Maka, orang-orang yang telah Allah amanahkan dengan harta benda tidak boleh menyombongkan diri dengan hartanya apalagi menghina orang fakir.

3. Para Penjual yang berdusta dalam berdagang.

Orang yang berdusta dalam berdagang seperti mengurangi timbangan atau tidak mengatakan yang sebenarnya mengenai keadaan barang yang dia jual juga merupakan teman sejati dari iblis.

4. Para peminum khamar/minuman keras

Hal ini juga berlaku bagi pengguna narkoba dan barang memabukkan lainnya. Mereka adalah teman sejatinya iblis.

5. Para pengadu domba.

Para pemecah belah umat dengan menyebarkan isu-isu bohong juga teman sejatinya iblis. Jangan pernah menyebar berita yang belum jelas valid atau tidaknya, apalagi jika sudah jelas berita bohong atau fitnah.

6. Para pezina

Dosa zina merupakan salah satu dosa yang sangat besar. Para pelaku zina sendiri merupakan teman sejati iblis.

7. Para pemakan harta anak yatim

Di masyarakat banyak sekali yang memakan harta anak yatim dengan berbagai modus. Hal ini tidak dibenarkan dalam Islam. Pelakunya sendiri merupakan teman sejati dari iblis.

8. Orang yang meringankan-ringankan salat

Orang-orang yang meringan-ringankan shalat juga termasuk dalam teman sejatinya iblis. Maka sebagai muslim sudah sepatutnya untuk menjaga shalat dan serius dalam mendirikan shalat.

9. Orang yang tidak mau membayar zakat.

Membayar zakat merupakan rukun Islam yang ketiga. Orang yang tidak mau membayar zakat merupakan teman sejatinya iblis. Naudzubillah.

10. Orang yang panjang angan-angannya.

Teman sejati iblis dari kalangan manusia yang terakhir adalah orang yang panjang angan-angan dan tidak disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Wallahu 'Alam

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Karena Hal Inilah Iblis Menjadikan Manusia Teman Sejatinya"

Post a Comment