5 Cara Agar Olahan Daging Kambing Qurban Empuk dan Tidak Bau, Berikut Tipsnya

Memang memerlukan trik khusus didalam mengolah daging kambing terutama saat merayakan hari raya Idul Adha, karena biasanya pada hari itu kulkas di rumah bakal berlimpah dengan daging hewan qurban.

Mungkin anda sering sekali mendapatkan kendala didalam memasak daging kambing, jika salah cara, bisa-bisa daging yang anda olah menjadi tidak empuk dan berbau tidak sedap.

5 Cara Agar Olahan Daging Kambing Qurban Empuk dan Tidak Bau, Berikut Tipsnya

Agar tidak bingung didalam mengolahnya, berikut tips agar olahan daging kambing qurban empuk dan tidak bau, agar hari raya idul adha anda menjadi spesial.

# 1. Parutan Nanas Muda

Agar daging kambing lebih empuk, celupkan atau rendam daging kambing ke dalam parutan air nanas muda selama 3-4 menit saja, pilihlah nanas yang masih berwarna hijau, jangan lupa untuk menyiram terlebih dahulu potongan daging kambing dengan air panas.

Didaerah barat, ada alternatif lain yang cukup ampuh didalam melunakkan daging selain parutan nanas muda yaitu parutan pir, anda bisa menggunakan salah satunya sesuai keinginan anda.

# 2. Jangan Dicuci

Daging kambing yang dicuci biasanya menimbulkan bau yang tidak enak atau biasa kita sebut bau prengus, setelah kambing disembelih, jangan mencuci dan mengolahnya secara langsung, rendam terlebih dahulu menggunakan parutan air nanas muda.

Jika daging sudah terlanjur dicuci, taburi garam secukupnya pada permukaan daging untuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma tak sedap, diamkan selama 1 jam dan cuci kembali.

Lapisan lemak yang menempel pada daging biasanya menimbulkan aroma bau yang tidak enak, maka buang terlebih dahulu lemak yang menempel pada daging tersebut.

# 3. Bumbu Rempah-rempah

Daging kambing akan empuk dan mudah digigit dan aroma serta rasa yang lezat bila dimasak dengan benar, gunakan ramuan bumbu yang tepat serta  jangan pelit didalam memakai rempah-rempah, seperti bawang putih, ketumbar, asam gula, serah, kapulaga, jahe, kunyit, sereh dan tidak ketinggalan cengkeh

# 4. Daun Pepaya

Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya, cara ini bisa dimanfaatkan untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging kambing.

Alternatif lain yang bisa anda gunakan selain menggunakan daun pepaya yaitu memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing

# 5. Jeruk Nipis

Zat yang ada pada air jeruk nipis dapat membunuh bakteri yang terdapat didalam daging yang menyebabkan bau amis, diamkan selama kurang lebih selama setengah jam, kemudian masak seperti sesuai selera anda.

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "5 Cara Agar Olahan Daging Kambing Qurban Empuk dan Tidak Bau, Berikut Tipsnya"

Post a Comment