Contoh Orang Yang Khusyu Di Dalam Shalat Dari kalangan Orang Soleh


"Mereka sangat tenggelam bersama yang ia cintai yaitu Allah di dalam shalatnya" (Sayyid Al-Haddad)

Contoh Orang Yang Khusyu Di Dalam Shalat Dari kalangan Orang Soleh
Ilustrasi Shalat Khusyu - Foto (pamijahan.com)

Sayyid Al-Haddad di dalam kitab An-Nashaih ad-Diniyyah memaparkan beberapa contoh orang yang khusyu ketika melaksaakan shalat.

Beliau menjelaskan bahwa, sungguh telah sampai kepada ke khusyuan di dalam shalat orang laki-laki dari kalangan orang terdahulu yang soleh dengan pencapaian yang mengagumkan.

Diantara contoh itu, bahwa salah seorang diantara mereka pernah dihinggapi oleh seekor burung sedangkan dia dalam keadaan berdiri di dalam shalatnya atau ketika sujud didalam shalatnya.

Sang burung menyangka bahwa orang yang sedang shalat itu adalah sebuah tembok atau benda mati karena sangat tenang dan lama ia berdirinya serta lama sujudnya.

Contoh lainnya adalah, dahulu pernah terjadi runtuhnya sebuah menara masjid yang tinggi di daerah Basroh (daerahnya orang-orang pandai serta ulama diantara kota-kota lainnya yang berada di Negara Irak).

Karena kejadian tersebut, maka gegerlah orang-orang yang ada di pasar karena mengetahui runtuhnya menara yang ada di masjid tersebut.

Jarak antara pasar dengan masjid tersebut numayan cukup jauh, namun karena menara yang runtuh tersebut cukup tinggi, maka suara yang dihasilkan memiliki dentuman suara yang cukup keras hingga terdengar sampai ke pasar.

Ketika menara tersebut runtuh, terdapat beberapa orang yang sedang melaksanakan shalat di dalam masjid.

Walaupun demikian, mereka tidak merasa bahwa menara masjid itu runtuh, ini dikarenakan mereka sangat tenggelam bersama yang ia cintai yaitu Allah di dalam shalatnya.

Wallahu 'Alam, Semoga Bermanfaat.

Baca juga:

Sumber:
- Kitab An-Nashaih ad-Diniyyah wal Washaya al-Imaniyyah Pada Bab Shalat
- Wejangan Guruku Tercinta

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Contoh Orang Yang Khusyu Di Dalam Shalat Dari kalangan Orang Soleh"

Post a Comment