Kontroversi Tentang Bahaya Dan Larangan Tidur Setelah Shalat Ashar


Dalam Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, Khawat bin Jubair yang merupakan salah seorang dari kalangan para sahabat, ia mengatakan bahwa tidur di waktu setelah shalat ashar itu merupakan tindakan bodoh.

Kontroversi Tentang Bahaya Dan Larangan Tidur Setelah Shalat Ashar
Ilustrasi - Foto (happyislam.com)

Sedangkan kalangan para Tabi’in membenci tidur sesudah shalat Ashar dan dikhawatirkan pelakunya akan terkena gangguan was-was.

Mengenai hukumnya, ia termasuk ke dalam perkara yang dimakruhkan, yaitu lebih baik jangan dilakukan, dan pendapat ini sudah mahsyur dikalangan para ulama di dalam kitab-kitab mereka.

Imam Ahmad pun memakruhkan bagi seseorang yang tidur sesudah shalat Ashar, karena bisa membahayakan kesehatan dan akalnya, keterangan ini bisa di temukan dalam Kitab Adab Syar’iyyah ataupun Thabaqat al-Hanabilah.

Dalam Zaadul-Ma’ad, Ibnu Qayyim rahimahullah mengatakan bahwa tidur di siang hari adalah buruk yang bisa menyebabkan berbagai penyakit dan bencana, menyebabkan malas, dan melemahkan syahwat kecuali tidur pada siang hari di musim panas. Dan yang paling buruk, tidur di pagi hari dan di ujung hari sesudah  waktu shalat Ashar.

Sedangkan pendapat yang memperbolehkan tidur setelah waktu shalat ashar adalah karena hukum asal dari tidur itu sendiri yang termasuk ke dalam perkara mubah atau atau perkara yang dibolehkan serta tidak ada pula hadits shahih yang melarangnya.

Dari sudut pandang ilmu kedokteran pun, ternyata tidur di waktu setelah shalat ashar, bisa mengakibatkan beberapa hal yang kurang baik dalam anggota tubuh kita, diantaranya adalah bisa menimbulkan dis-orientasi waktu, yakni saat bangun tidur kita tidak bisa lagi membedakan antara hari masih malam ataukah sudah pagi.

Sebab saat tidur sore hari kita mengalami perubahan suasana dari masih terang kepada gelap, akibatnya saat terbangun kita dipaksa untuk berpikir, ini pagi atau malam?

Hal lainnya yang paling berbahaya adalah jika shalat Maghrib dan Isya menjadi tertinggal atau kebablasan karenanya.

Jika memang tetap mau tidur selepas shalat ashar, usahakanlah bangun sebelum matahari mulai terbenam, misalkan bangun pukul 17.00. dengan begitu, jam biologis tidak akan terganggu.

Terdapat pula penelitian yang menyebutkan bahwa tidur sore juga dapat membuat seseorang lebih sering mengalami mimpi buruk, kadar kolesterol tinggi, menurunkan daya ingat, sulit tidur di waktu malam hari serta beresiko tinggi terkena penyakit diabetes.

Wallahu 'Alam, Semoga Bermanfaat.

Baca juga:


BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Kontroversi Tentang Bahaya Dan Larangan Tidur Setelah Shalat Ashar"

Post a Comment