Manfaat Membaca Istigfar Dan Keutamaannya, Muslim Harus Tahu


“Barangsiapa yang senantiasa beristighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak ia sangka-sangka.”

Manfaat Membaca Istigfar Dan Keutamaannya, Muslim Harus Tahu
Ilustrasi Membaca Istigfar (Foto:Santrigaul.net)

Membaca istighfar adalah doa atau dzikir untuk meminta ampunan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Amal perbuatan ini menunjukkan kerendahan diri serta pengakuan seorang hamba terhadap Tuhan-Nya dari semua dosa yang telah ia lakukan, dengan harapan Allah akan memaafkan dan mengampuni semua dosa tersebut.

Hadist yang di tulis diatas adalah hadist dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Ibnu Majah, Al-Baihaqi, serta Ath-Thabarani, yang menerangkan tentang manfaat dan keutamaan membaca istighfar.

Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa, orang yang senantiasa beristighfar kepada Allah Ta'ala dalam segala kondisi dan situasi apapun maka Allah akan menghilangkan segala kesedihan dan gundah gulana yang membuat jiwa ini sempit, lalu Allah gantikan setelah itu dengan kelapangan dada dan kebahagiaan.

Allah juga akan memberikan solusi dan jalan keluar atas segala kesempitan dan problematika kehidupan yang sedang ia alami serta Allah akan memberinya rezeki dengan cara yang tidak pernah ia duga dan pikirkan sebelumnya.

Hadist diatas diperkuat dengan firman Allah Ta’ala,

“Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah akan menjadikannya untuknya jalan keluar dan Allah akan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa berserah diri kepada Allah semata niscaya Allah akan mencukupinya. Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya. Dan Allah telah menetapkan ketentuan atas segala sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq:2-3)

Dalam surat yang lain Allah Ta'ala berfirman,

“Wahai kaumku, mintalah ampunan Rabb kalian kemudian bertaubatlah kalian kepada-Nya, niscaya Dia mengirimkan dari langit hujan yang deras kepada kalian dan menambahkan kekuatan atas kekuatan kalian, dan janganlah kalian berpaling dengan menjadi orang-orang yang banyak berbuat dosa.” (QS. Hud:52)

Juga firman Allah Ta'ala,

"Maka aku katakan kepada kaumku: “Mintalah ampunan Rabb kalian karena sesungguhnya Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan dari langit hujan yang deras kepada kalian, mengaruniakan kepada kalian limpahan harta dan anak-anak, menjadikan untuk kalian kebun-kebun dan menjadikan untuk kalian sungai-sungai.” (QS. Nuh:10-12)

Dalam riwayat hadist lainnya, Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam juga pernah menyebutkan tentang keutamaan membaca istighfar,

"Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka," (HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Wallahu a’lam bish-shawab.

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Manfaat Membaca Istigfar Dan Keutamaannya, Muslim Harus Tahu"

Post a Comment