Menurut Rasulullah, Inilah Cara Smart Menuju Negeri Akhirat


”Org pintar adalah orang yang mau mengoreksi dirinya sendiri dan beramal untuk kepentingan akhirat nanti. Dan orang bodoh ialah orang yang mengikuti hawa nafsunya, tetapi berharap-harap kepada Allah.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

Menurut Rasulullah, Inilah Cara Smart Menuju Negeri Akhirat
Ilustrasi (Foto:thindifference.com)

Negeri akhirat adalah tempat berpulangnya seorang hamba setelah habis masa usianya didunia, setelah itu ia akan ditempatkan disana untuk selama-lamanya.

Jika ia baik maka surga lah tempat ia kembali, jika ia buruk, maka bersiap-siaplah menerima penderitaan yang dahsyat dan tidak berujung di dalam neraka.

Bagi kita yang masih hidup sudah selayaknya ingat akan hal itu, dengan demikian ia telah masuk dalam kategori orang yang smart dalam pandangan Allah dan Rasul-Nya.

Sebuah hadist yang diriwayatkan Ath Thabrani, Ibnu Majah dan Imam Malik, bahwa Sayyidina Umar pernah berkata,

“Ketika kami sedang duduk bersama Rasulullah, tiba-tiba muncul seorang sahabat Anshar.

Setelah mengucap salam kepada beliau, ia bertanya,

“ Wahai Rasulullah, siapakah orang mukmin yang terbaik itu?”

Beliau menjawab, “Yang paling baik akhlaknya.”

Ia bertanya, “Siapakah orang mukmin yang paling cerdas?”

Beliau menjawab,

“Yang paling sering ingat kematian dan yang punya persiapan terbaik untuk menyambut apa yang terjadi sesudahnya. Mereka itulah orang yang paling pintar".

Dalam hadist lain, Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda,

”Org pintar adalah orang yang mau mengoreksi dirinya sendiri dan beramal untuk kepentingan akhirat nanti. Dan orang bodoh ialah orang yang mengikuti hawa nafsunya, tetapi berharap-harap kepada Allah.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

Orang yang selalu ingat kematian, sudah pasti ia akan smart atau pintar dalam mempersiapkan dan berbekal diri menghadapinya.

Semangat belajar dalam menuntut ilmu akan menggelora didalam hatinya, gerak dan langkahnya senantiasa ia abadikan untuk mendekatkan dirinya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, dan iapun akan semangat beribadah dan beramal sholeh untuk keselamatan di negeri akhirat.

Sementara kebalikan dari itu, orang-orang yang bodoh yang tidak ingat akan kematian yang dapat menghampiri dirinya kapan saja, ia hanya berfikir tentang dunia yang secuil ini, ia sibuk dalam mengumpulkan harta tanpa peduli akhirat yang abadi.

Ia sudah tidak peduli lagi akan halal dan haram, pekerjannya penuh dengan kedustaan, suka mempergunjing orang lain, berani tebar pesona aurat, durhaka, menipu, korupsi, membunuh dan lain sebagainya.

Seandainya pun ia berbuat baik, semua itu hanya untuk kepentingan duniawi saja dan untuk membangun citranya dirinya di mata manusia,

Allah Ta'ala berfirman,

"Sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada Hari Akhirat, Allah jadikan mereka memandang indah perbuatan duniawi mereka sehingga mereka hidup asyik bergelimang dosa" (Q.S. An-Naml:4).

Pantaslah Allah Ta'ala menyebut mereka dengan sebutan,

"Zholuman Jahuulan"

yang artinya "orang yang sangat zholim lagi sangat bodoh" (Q.S Al-Ahzab:72)

Wallahu 'Alam

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Menurut Rasulullah, Inilah Cara Smart Menuju Negeri Akhirat"

Post a Comment