Inilah Hikmah Dan Maksud Wanita Diciptakan Dari Tulang Rusuk Laki-laki


“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.”(HR. Muslim)

Inilah Hikmah Dan Maksud Wanita Diciptakan Dari Tulang Rusuk Laki-laki
Ilustrasi - (Foto: on-thesunnah.blogspot.com)

Selain hadist diatas, banyak sekali dalil dari Al-Quran ataupun hadist yang menerangkan bahwa wanita itu diciptakan dari tulang rusuk laki-laki dan juga peranannya sebagai seorang wanita ataupun istri.

Bengkoknya tulang rusuk yang menjadi dasar penciptaan seorang istri, memberikan makna dan maksud bahwa dalam dirinya ada ruang yang lega karena bentuknya itu yang tidak akan didapati dari tulang yang bentuknya lurus.

Jika saja dari tulang yang lurus maka akan sempitlah dadanya, karena itu keberadaan perempuan dapat memberi kenyamanan dimana ia berada.

Bukankah tulang rusuk meskipun ia bengkok dapat berfungsi sebagai kerangka yang bisa menyusun kekuatan tubuh?

Jadi perempuan itu juga bagian yang tidak dapat dipisahkan peranannya dalam membangun dan menegakkan kerangka kehidupan.

Dengan tulang rusuk yang bengkok itu, maka banyak organ-organ yang lunak terlindung, sama halnya dengan perempuan, ia dapat menjaga kehidupan anak-anaknya yang masih lemah.

Bengkoknya bukanlah bentuk kelemahan perempuan, karenanya Rasulullah mengatakan untuk menasihati perempuan secara baik-baik.

Hal ini untuk menjaga agar jiwa perempuan tidak patah, sehingga dapat menjalankan fungsi utamanya sebagai ibu, istri, maupun sebagai insan perempuan itu sendiri.

Rasullulah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda,

“Nasihatilah perempuan dengan cara yang baik! Perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk, sementara yang paling bengkok itu bagian teratasnya. Jika engkau bersikeras meluruskannya, ia akan patah. Tetapi jika engkau membiarkannya, ia akan bengkok selamanya. Maka nasihatilah perempuan dengan cara yang baik!” (HR Bukhari, Muslim, Ibnu Abi Syaibah, dan Baihaqi)

Imam Bukhari dan Imam muslim meriwayatkan bahwa, Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda,

“Berwasiatlah kalian dengan kebaikan kepada para wanita (para istri), karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk…” Dalam satu riwayat: “Wanita itu seperti tulang rusuk….”

Dalam Al-Quran, Allah Ta’ala berfirman,

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (Q.S. An-Nisaa:1)

Dan firman Allah,

“Dialah Yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan daripadanya Dia menciptakan istrinya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, istrinya itu mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian tatkala dia merasa berat, keduanya (suami istri) bermohon kepada Allah, Tuhannya seraya berkata: “Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang sempurna, tentulah kami termasuk orang-orang yang bersyukur”. (Q.S. Al-A’raf:189)

Lantas apa hikmah yang bisa kita petik jika kenyataannya wanita itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok yang tidak bisa kita sangkal lagi akan kebengkokannya?

Intinya adalah saling menasehati dalam kebaikan untuk mencari ridho Allah Subhanahu Wata'ala.

Apabila seorang suami ingin meluruskan seorang istri dengan selurus-lurusnya, pastilah akan sulit sekali bahkan bisa mengantarkan pada perselisihan dan perpisahan.

Namun bila si suami bersabar dan memaafkan dengan keadaan si istri yang kurang baik tabiatnya, ataupun akan kelemahan akalnya dan semisalnya dari itu, niscaya akan awet lah kebersamaan keduanya dan terus berlanjut dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Dan biasanya seorang wanita atau istri ketika memasuki masa haid akan muncul jiwa sensitif darinya, maka bersabarlah dari yang demikian itu, dengan tak lupa suami mengingatkan akan hal-hal kebaikan kepada istri.

Dan bagi para istri juga harus sadar akan kebengkokan dirinya yang mungkin sering menyusahkan diri seorang suami dan kurang bersyukur akan kebaikan suami, ingatlah, bahwa kebanyakan penduduk neraka adalah wanita, yaitu mereka yang sering mengingkari kebaikan suami.

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda,

“Diperlihatkan neraka kepadaku. Ternyata mayoritas penghuninya adalah para wanita yang kufur.” Ada yang bertanya kepada beliau: “Apakah para wanita itu kufur kepada Allah?” Beliau menjawab: “(Tidak, melainkan) mereka kufur kepada suami dan mengkufuri kebaikan (suami). Seandainya engkau berbuat baik kepada salah seorang dari mereka satu masa, kemudian suatu saat ia melihat darimu ada sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya) niscaya ia akan berkata: Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan darimu.” (HR. Al-Bukhari)

Wallahu A'lam.

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Inilah Hikmah Dan Maksud Wanita Diciptakan Dari Tulang Rusuk Laki-laki"

Post a Comment