Maraknya Kematian Mendadak, Tanda Kiamat Sudah Dekat

“Sesungguhnya di antara tanda-tanda hari kiamat adalah munculnya kematian mendadak.” (HR. Thabrani)

Maraknya Kematian Mendadak, Tanda Kiamat Sudah Dekat
Mati Mendadak - Gambar (hidenportal)

Bisa jadi pada sore hari kita masih bercengkrama dengan seseorang, pada malam harinya kita mendapatkan kabar bahwa orang yang diajak cengkrama dengan kita tadi sudah wafat.

Pada sebuah video di laman youtube, seorang pemain bola yang sedang berlari dengan kencang, tiba-tiba terduduk diam kemudian ia tidak berdiri lagi..

Dan masih banyak contoh lainnya yang menjelaskan kematian yang mendadak yang datang dengan tiba-tiba.

Diantara penyebab seseorang mati mendadak adalah karena faktor penyakit, diantaranya karena serangan jantung koroner, stroke akut dan lain-lain.

Namun bila kita hadist dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mati mendadak ternyata merupakan salah satu diantara tanda-tanda kiamat yang sudah semakin dekat.

“Sesungguhnya di antara tanda-tanda hari kiamat adalah munculnya kematian mendadak.” (HR. Thabrani)

“Perhatikanlah enam tanda-tanda hari Kiamat:  wafatku,  penaklukan Baitul Maqdis,  wabah kematian (penyakit yang menyerang hewan sehingga mati mendadak) yang menyerang kalian bagaikan wabah penyakit qu’ash yang menyerang kambing,  melimpahnya harta hingga seseorang yang diberikan kepadanya 100 dinar, ia tidak rela menerimanya, timbulnya fitnah yang tidak meninggalkan satu rumah orang Arab pun melainkan pasti memasukinya, dan terjadinya perdamaian antara kalian dengan bani Asfar (bangsa Romawi), namun mereka melanggarnya dan mendatangi kalian dengan 80 kelompok besar pasukan. Setiap kelompok itu terdiri dari 12 ribu orang.” (HR. Al-Bukhari)

Terkadang seorang mukmin pun bisa saja tertimpa dengan kasus mati mendadak, ini adalah suatu bentuk istirahat dan kenikmatan dari Allah.

Tentu saja kalau ia sudah mempersiapkan segala amal shalih sebanyak-banyaknya selama hidupnya, istiqamah dalam beribadah, kemudian ia meninggal dalam keadaan baik.

Tetapi, jika kematian mendadak ini terjadi terhadap orang kafir, maka ini akan menjadi penyesalan baginya, karena meninggal mendadak dalam keadaan buruk dan pulang menghadap Allah tanpa membawa amal shalih.

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

1 Response to "Maraknya Kematian Mendadak, Tanda Kiamat Sudah Dekat"

  1. thanks infonya gan, semoga banyak dibaca orang dan jadi pembelajaran ^^

    ReplyDelete