Ciri Fisik Sosok Dajjal dan Hari Kemunculannya


"Dan sesungguhnya Dajjal itu bermata satu; sebelah matanya tidak nampak. Di antara kedua matanya tertulis "kafir" yg terbaca oleh setiap mu'min yg mengerti baca-tulis ataupun tidak." (HR Ahmad)

Ciri Fisik Sosok Dajjal dan Hari Kemunculannya
Ilustrasi Dajjal - Gambar (gambarku3)

Dajjal mempunyai sosok dan fisik sama seperti manusia biasa pada umumnya, akan tetapi, secara lebih rinci lagi, ciri-ciri dajjal telah disebutkan dalam berbagai hadist Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam diantaranya:

# Mata Dajjal Buta Sebelah, Diantara Kedua Matanya Tertulis "kafir"

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

“Tidak ada seorang Nabi pun kecuali telah memperingatkan ummatnya tentang Dajjal yang buta sebelah lagi pendusta. Ketahuilah bahwa Dajjal buta sebelah matanya sedangkan Allah tidaklah buta sebelah. Tertulis diantara kedua matanya "Kafir" (yang mampu dibaca oleh setiap muslim).” (HR. Bukhari Muslim)

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

“Dan tidaklah diutus seorang nabi yang diikuti  itu, kecuali untuk memperingatkan kaumnya terhadap Dajjal. Aku telah menerangkan ciri-cirinya bahwa ia cacat, sedangkan Tuhan kalian tidaklah cacat. Mata kanannya menonjol dan tidak dapat disembunyikan, seolah-olah dahak yang berada di dinding kapur, sedangkan mata kirinya seperti planet yang bulat.“

Dalam hadits Anas Radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

“Dan diantara kedua matanya termaktub tulisan kafir“. Dan dalam satu riwayat disebutkan : “Kemudian beliau mengejanya -kaf fa’ ra’- yang dapat dibaca oleh setiap muslim“. Dan dalam satu riwayat lagi dari Hudzaifah, “Dapat dibaca oleh setiap orang mukmin, baik ia tahu tulis baca maupun tidak.“

# Dajjal Itu Mempunyai Dada Yang Bidang Dan Kakinya Bengkok

Dalam hadits Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

“Adapun Al-Masih Si Pendusta itu adalah buta sebelah matanya, lebar dahinya, bidang dadanya bagian atas dan bengkok (kakinya).”

# Dajjal Itu Bertubuh Pendek Dan Rambutnya Kriting

“Sesungguhnya Al-Masih Ad-Dajjal seorang laki-laki pendek, berkaki bengkok, keriting rambutnya, buta sebelah matanya, dan matanya kabur tidak menonjol dan tidak juga cekung, jika ia memperdayai kalian maka ketahuilah bahwa Tuhan kalian tidaklah buta sebelah.” (HR. Ahmad Dan Abu Dawud)


Saat Kemunculan Dajjal Pada Zaman Nabi

Sejak pada zaman Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam, sebenarnya dajjal sudah ada, hal ini dijelaskan dalam hadist shohih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Fatimah binti Qais:

Ada seorang pengembara Nashrani yang terdampar di suatu pantai. Ia turun dari kapalnya dan kemudian bertemu binatang aneh. Binantang itu mengantarkannya ke sebuah biara. Di biara tersebut ada seorang pria terpasung. Dia bertanya,

“Apakah Sungai Tiberia sudah mengering? Apakah muncul seorang lelaki yang bernama Muhammad yang disebut sebagai nabi akhir zaman? Apakah lelaki itu sudah diusir oleh penduduk di negerinya sendiri? ”

Pengembara Nashrani itu penasaran. Dia kemudian menelusuri jazirah Arab untuk mencari lelaki yang dimaksud. Dia kemudian bertemu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Dia bertanya pada beliau,

“Siapa orang yang dipasung itu?”

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam menyatakan bahwa lelaki itu adalah Dajjal. Namun Dajjal tidak akan muncul sebelum Imam Mahdi keluar.


Saat Kemunculan Dajjal Menjelang Hari Kiamat

Sebagian orang pada akhir zaman ini, banyak yang menganggap bahwa kemunculan dajjal menjelang hari kiamat adalah mitos belaka, sebagian mereka sudah tidak peduli lagi dan sebagiannya lagi hampir sudah lupa dan menganggap kemunculannya tidak akan pernah ada, hal ini dikarenakan imannya yang masih sangat lemah.

Sesungguhnya, pengabaian seperti ini, merupakan tanda-tanda kemunculan dajjal yang sudah dekat sekali.

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

"Dajjal tidak akan muncul sehingga manusia melupakannya dan para Imam meninggalkan untuk mengingatnya di atas mimbar-mimbar." (HR Ahmad)

Saat-saat mayoritas manusia sudah melupakan perkara kemunculan dajjal, maka ketika itulah justru Dajjal akan keluar.

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Ciri Fisik Sosok Dajjal dan Hari Kemunculannya"

Post a Comment