Anjuran Segera Bertaubat Jika Doa Kita Ingin Terkabul


"Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu terputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Az-Zumar:53)

Anjuran Segera Bertaubat Jika Doa Kita Ingin Terkabul
Gambar - Dream

Siapapun orangnya jika dia sudah mengaku dirinya sebagai seorang muslim, pastilah dia mempunyai sebuah senjata mutakhir agar semua ikhtiar yang sudah dilakukan menjadi sempurna dan setiap masalah yang sedang dihadapinya segera Allah angkat dan diganti dengan berbagai kemudahan.

Namun doa itu akan tertolak jika kita masih mempunyai banyak dosa sebelum diri kita ini bertaubat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Alkisah pada jaman Nabi Musa, Allah tidak mengabulkan doa 70 ribu orang saat itu disebabkan ada satu orang yang ikut berdoa di dalamnya. Kisahnya tertulis dalam berbagai buku dan tafsir Al Qur’an sebagai ibrah bagi kaum muslim saat ini.

Ketika itu kaum Nabi Musa mengalami kesulitan berkepanjangan akibat kemarau. Alhasil ternak dan tumbuhan yang mereka tanam mulai mati.

Kaum Bani Israil itu kemudian mengutarakan keluh kesahnya kepada Nabi Musa agar Allah menurunkan hujan guna mengatasi kemarau tersebut.

Maka berangkatlah Musa ‘alaihis salam bersama kaumnya menuju padang pasir yang luas. Waktu itu mereka berjumlah lebih dari 70 ribu orang. Mulailah mereka berdoa dengan keadaan yang lusuh dan kumuh penuh debu, haus dan lapar.

Nabi Musa berdoa, “Ilaahi! Asqinaa ghaitsak…. Wansyur ‘alaina rahmatak… warhamnaa bil athfaal ar rudhdha’… wal bahaaim ar rutta’… wal masyaayikh ar rukka’…..”

Setelah itu langit tetap saja terang benderang… matahari pun bersinar makin kemilau… (maksudnya segumpal awan pun tak jua muncul).

Kemudian Nabi Musa berdoa lagi, “Ilaahi … asqinaa….”

Allah pun berfirman kepada Musa, “Bagaimana Aku akan menurunkan hujan kepada kalian sedangkan di antara kalian ada seorang hamba yang bermaksiat sejak 40 tahun yang lalu. Umumkanlah di hadapan manusia agar dia berdiri di hadapan kalian semua. Karena dialah, Aku tidak menurunkan hujan untuk kalian…”

Atas penjelasan tersebut, Nabi Musa kemudian menyampaikan kepada kaumnya bahwa ada satu orang yang menyebabkan doa 70 ribu orang menjadi tidak terkabul. Ia pun meminta agar orang tersebut keluar dari barisan sehingga Allah segera menurunkan hujan.

Seorang laki-laki melirik ke kanan dan kiri… maka tak seorang pun yang keluar di hadapan manusia… saat itu pula ia sadar kalau dirinyalah yang dimaksud…..

Ia berkata dalam hatinya, “Kalau aku keluar ke hadapan manusia, maka akan terbuka rahasiaku… Kalau aku tidak berterus terang, maka hujan pun tak akan turun.”

Maka hatinya pun gundah gulana… air matanya pun menetes….. menyesali perbuatan maksiatnya… sambil berkata lirih, “Ya Allah… Aku telah bermaksiat kepadamu selama 40 tahun… selama itu pula Engkau menutupi ‘aibku. Sungguh sekarang aku bertaubat kepada Mu, maka terimalah taubatku…”

Tak lama berselang, hujan pun turun dengan deras dan membasahi tanah yang kering. Nabi Musa kemudian bertanya keheranan kepada Allah karena hujan telah turun namun ia tidak melihat seorang pun keluar dari barisan.

Ternyata Allah menjelaskan bahwa orang tersebut telah keluar barisan dan bertaubat dari dosanya. Allah juga menutupi dosanya sehingga tidak seorang pun melihatnya keluar dari barisan.

Sebuah pelajaran yang sangat berharga bahwa Allah akan senantiasa mengampuni dosa kita selama kita benar-benar mau bertaubat dan tidak mengulangi dosa tersebut.

Allah pun akan menutupi aib atas dosa kita yang disesali sebagai bentuk kasih sayang kepada hamba-hamba-Nya. Wallahu A’lam

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Anjuran Segera Bertaubat Jika Doa Kita Ingin Terkabul"

Post a Comment