7 Amaliah Pengganti Ibadah Haji, Pahalanya Sebanding Kok.

Bagi kaum muslimin yang belum bisa melaksanakan ibadah haji ke tanah suci, diberikan keterangan melalui hadist-hadist Rasulullah mengenai amaliah apa saja yang bisa kita laksanakan sebagai pengganti ibadah haji.

Tentu saja amaliah yang dilakukan ini berpahala sebanding ibadah haji namun tidak menggugurkan kewajiban haji kita apabila disuatu hari Allah memberikan kepada kita kecukupan harta sehingga bisa melaksanakan ibadah haji ketanah suci.

7 Amaliah Pengganti Ibadah Haji, Pahalanya Sebanding Kok.

Diantara 7 Amaliah Pengganti Ibadah Haji adalah sebagai berikut :

# 1. Shalat Berjamaah di Masjid

Dari Abu Umamah, Rasulullah bersabda,
Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci menuju shalat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang berhaji..... (HR Ahmad dan Abu Dawud). "
# 2. Berbuat Baik Kepada Ibu Bapak

Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda,
.... Bertakwalah kepada Allah dengan berbuat baik kepada ibumu. Sebab, jika engkau melakukan itu, engkau adalah jamaah haji, umrah, dan mujahid (orang yang berjihad) (HR Ath Thabrani). "
# 3. Masjid Sebagai Majelis Ilmu

Rasulullah Bersabda,
Barang siapa yang pergi ke masjid, ia tidak menginginkan hal itu kecuali untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya. Maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji, sempurna hajinya (HR Ath Thabrani). "
# 4. Umrah di Bulan Ramadhan

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda,
Melaksanakan umrah di bulan Ramadhan itu (berpahala) seperti haji atau (seperti) haji bersamaku (HR. Bukhari Muslim). "
# 5. Shalat Isyraq Yaitu 2(dua) Rakaat Ketika Matahari Terbit

Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda,
Barang siapa shalat Subuh berjamaah, kemudian ia duduk (menunggu) sambil berzikir hingga terbit matahari, lalu ia melaksanakan shalat dua rakaat, maka baginya pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna (HR Tirmidzi). "
# 6 Zikir Setelah Shalat

Dari Abu Darda, dia berkata,

Kami berkata kepada Rasulullah saw,
Wahai rasulullah, orang2 kaya mendapatkan pahala haji, sementara kami tidakmampu menunaikannya, mereka berjihad dengan harta sementara kami tidak mampu berjihad karena kekurangan harta "
Maka Rasulullah bersabda,
Maukah kalian aku tunjukkan kepada sesuatu yg lebih baik dari apa yg mereka dapatkan? Bacalah tasbih sebanyak tigapuluh tiga kali, tahmid tigapuluh tiga kali, dan takbir tigapuluh empat kali setiap selesei shalat lima waktu (HR.Ahmad) "
# 7. Mengurus Rumah Tangga Bagi Seorang Istri

Dari Asma binti Yazid Al-Anshari, Rasulullah bersabda,
Wahai Asma! Kembalilah kerumahmu dan katakan pada kaum hawa bahwa mengurus suami ,anak dan rumah pahalanya lebih besar dari haji, perang dan lain-lain (Ibnu Rajab, Latha ‘if Al-Ma’arif) "

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "7 Amaliah Pengganti Ibadah Haji, Pahalanya Sebanding Kok."

Post a Comment