Merasa Malas Untuk Shalat? Ini Kiat Mengatasinya

Firman Allah Subhanahau wa Ta'ala: "Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya" (QS. Al Maa'uun 4 - 5)

Merasa Malas Untuk Shalat? Ini Kiat Mengatasinya
Image : Azzi Yuphikatama - flickr.com
Shalat menurut ahli pakar bahasa diartikan dengan doa, secara istilah, shalat berarti sebuah ibadah yang terdiri dari beberapa perkataan dan perbuatan yang sudah ditentukan aturannya yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Shalat merupakan tiangnya agama, shalat juga merupakan alat tolak ukur didalam membedakan antara penganut agama Islam dengan agama yang lainnya, dan shalat adalah salah satu rukun diantara lima rukun lainnya yang merupakan kewajiban bagi seseorang yang beragama Islam.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah memperingatkan kita didalam Al-Quran tentang pedihnya siksa bagi orang yang meninggalkan shalat maupun yang lalai dalam melaksanakannya, walalaupun faktanya, tidak semua umat Islam melaksanakan shalat, diantara mereka masih ada saja yang merasa malas dalam melaksanakannya.

Bagi Anda yang merasa malas untuk melaksanakan shalat, cobalah untuk melakukan kiat-kiat berikut ini:

# Rasa malas biasaya timbul karena menunda shalat, maka ketika adzan tiba, segeralah ambil air wudhu, niatkan yang kuat pada diri kita untuk selalu shalat tepat pada awal waktu , jangan sampai rasa malas menguasai diri kita, dan bersungguh-sungguhlah dalam melawan rasa malas itu.

# Jika rasa malas datang lagi, berkomitmenlah dalam diri sendiri bahwa shalat itu merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan, lawan terus dengan mengingatkan diri ini bahwa ada balasan/adzab Allah terhadap orang-orang yang meninggalkan shalat.

# Berpikirlah yang jernih didalam hati, bahwa shalat adalah ibadah yang pertama kali diwajibkan dan termasuk amal perbuatan manusia yang pertama kali akan diperhitungkan pada hari kiamat. Maka kita akan melaksanakan shalat sebaik-sebaik shalat agar kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung.

# Menyadarkan diri didalam hati bahwa kita hidup di dunia ini yakni untuk beribadah kepada Allah Azza wa Jalla. Diantara ibadah yang diperintahkan kepada kita adalah shalat. Maka mengerjakan shalat adalah kewajiban kita sebagai hamba Allah yang wajib ditunaikan dengan sebaik-baiknya.

# Membiasakan untuk shalat berjama’ah di masjid (bagi pria), walau pada awalnya terasa berat tapi kalau sudah dibiasakan akan terasa ringan bahkan kita akan merasa rugi bila meninggalkannya.

Semoga dengan kiat-kiat diatas, kita semua dapat melawan rasa malas untuk melaksanakan shalat. Aamiin...

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Merasa Malas Untuk Shalat? Ini Kiat Mengatasinya"

Post a Comment