Dampingi Orang Yang Sedang Sakaratul Maut, Segeralah Lakukan 5 Hal Ini


"Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu (Muhammad). Maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal?". (Q.S. Al-Anbiya:34).

Dampingi Orang Yang Sedang Sakaratul Maut, Segeralah Lakukan 5 Hal Ini
Ilustrasi Sakaratul Maut - Foto(ceramah.xyz)

Dikutip dari percikaniman.org, berikut adalah 5 hal yang harus dilakukan pihak keluarga ketika seseorang mengalami sakaratul maut, agar keluarga tetap tenang dan tidak panik ketika melihat peristiwa yang mengejutkan tersebut..

1. Membimbingnya Mengucapkan Kalimat Tauhid

Seseorang yang dapat mengucapkan kalimat “Laa ilaah illallaah” yang artinya “Tidak ada Tuhan selain Allah” adalah pertanda akhir yang baik bagi kematiannya.

Sesungguhnya kalimat “Laa ilaah illallaah” itu tertera di pintu surga, dan kalimat ini juga seakan menjadi kunci penting untuk memasukinya, seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

“Barang siapa yang akhir ucapannya adalah kalimat ‘laa ilaaha illallaah’ maka dia akan masuk surga.” (HR Abu Dawud)

Oleh karenanya pihak keluarga harus membantu agar orang yang sakaratul maut bisa mengucapkan kalimat tersebut di akhir hayatnya.

2. Menutup Kedua Mata Mayit Dan Mendoakannya

Ketika orang yang sakaratul maut sudah dinyatakan meninggal dunia, maka keharusan pihak keluarga atau orang yang berada dekat mayit adalah menutup kedua mata mayit dan mendoakan kebaikan untuknya.

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadist saat Abu Salamah meninggal dunia dan matanya tetap terbuka, Rasulullah kemudian memejamkan kedua mata Abu Salamah sambil berkata,

“Sesungguhnya ruh itu jika dicabut diikuti oleh mata.”

Kemudian beliau berdoa

“Ya Allah ampunilah Abu Salamah, angkatlah derajatnya di golongan orang-orang yang mendapat petunjuk, berilah pengganti yang baik di keturunannya, ampunilah kami dan dia wahai rabb semesta alam, lapangkanlah baginya dikuburnya, dan terangilah dia di dalamnya.” 

3. Menghadapkan Jenazah Ke Arah Kiblat

Yang harus dilakukan oleh pihak keluarga atau orang terdekat juga adalah dengan menghadapkan jenazah ke arah kiblat.

Dalam riwayat Baihaqi dan Hakim, sesungguhnya Barra bin Ma’rur pernah berwasiat meminta jenazahnya nanti dihadapkan ke kiblat.

Karena sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Hal yang seperti itu sesuai dengan fitrah.”

4. Menutupkan Jenazah Dengan Kain

Pihak keluarga yang salah satu anggotanya sakaratul maut dan meninggal dunia juga harus menutupkan tubuh jenazah dengan kain yang ukurannya dapat menutupi sekujur tubuh si mayit.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Dari Aisyah bahwasanya Rasulullah ketika meninggal dunia ditutupi dengan selimut yang bercorak garis-garis.” (HR. Bukhari Muslim)

5. Menyegerakan Pengurusan Jenazah

Hal terakhir yang harus dilakukan oleh pihak keluarga atau orang terdekat adalah melaksanakan pengurusan jenazah seperti memandikan, mengkafani, menyolatkan dan menguburkan.

Keterangannya sangat jelas dalam hadist riwayat Bukhari Muslim dimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Bersegeralah di dalam mengurus jenazah, jika dia orang yang salih maka berarti kebaikan yang akan kalian segerakan baginya, dan jika tidak seperti itu maka berarti kejelekan yang segera kalian letakkan dari tanggung jawab kalian.”

Wallahu 'Alam

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Dampingi Orang Yang Sedang Sakaratul Maut, Segeralah Lakukan 5 Hal Ini"

Post a Comment