Coba Amalkan Sunnah Ini, Dirahmati Allah Dari Tidur Sampai Bangunmu


Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam mengajarkan adab dan sunnah didalam perkara tidur, agar tidurnya seorang muslim dan muslimah menjadi rahmat dan kebaikan bagi dirinya.

Mengamalkan adab dan sunnah yang diajarkan Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam merupakan bentuk salah satu rasa syukur atas nikmat-nikmat Allah yang tidak bisa tergantikan dengan apapun juga.

Coba Amalkan Sunnah Ini, Dirahmati Allah Dari Tidur Sampai Bangunmu

Bersiwak atau menyikat gigi adalah sunnah yang harus dilakukan sebelum tidur, hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut sehingga menyehatkan mulut dan gigi.

Lanjutkan dengan berwudhu sebagaimana anda berwudhu ketika hendak melaksanakan shalat.

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam menganjurkan berwudhu sebelum tidur, yang membuat diri seorang muslim ada dalam keadaan bersih dan suci. Jika pun ditakdirkan meninggal, maka kita pun akan pulang menghadap Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam keadaan yang suci.

Imam Al Ghazali didalam Kitab Bidayatul Hidayah mengatakan, selain mengamalkan sunnah bersiwak dan berwudhu, umat Islam juga dianjurkan membaca ayat kursi, dilanjutkan membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah, dilanjutkan membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas dan Al Mulk. Alasannya karena ayat dan surat tersebut mampu menjaga seseorang dari gangguan setan golongan jin maupun manusia. Selain itu merutinkan bacaan itu akan menjamin kelancaran dan keberkahan rezeki.

Dijelaskan pula oleh Imam Al Ghazali didalam kitab tersebut, setiap umat Islam hendaknya senantiasa berdzikir kepada Allah dan mempertahankan kesucian wudhunya hingga ia tertidur. Di akhir penjelasan, Al Ghazali kemudian menuturkan khasiat dari semua amalan tersebut.

“Siapa yang mengamalkan hal itu, maka ia terbang melayang dengan Rabbnya menuju Arsy. Ia dicatat sebagai orang yang diberi rahmat hingga terbangun dari tidurnya itu.”

Sunnah lainnya yang perlu dilakukan ketika tidur adalah menghadapkan wajah beserta tubuh ke arah kanan dan menghadap kiblat, posisi ini mencerminkan seorang manusia didalam kuburnyakelak, sehingga secara tidak langsung, tidur menjadi semacam kematian kecil sebelum kematian yang sesungguhnya yang akan membuat manusia mengingat kematian.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala memudahkan kita untuk melaksanakan segala amalan sunnah yang diajarkan Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam sebelum kita hendak pergi ketempat pembaringan, dan semoga kita bisa menghadap Allah dalam kondisi yang suci dan baik diakhir hayat kita kelak nanti. Aamiin.

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Coba Amalkan Sunnah Ini, Dirahmati Allah Dari Tidur Sampai Bangunmu"

Post a Comment