Ini Dia 7 Masjid Bersejarah Dan Tertua Di Dunia

Dalam perjalanan islam, sejarah telah mencatat dan meninggalkan beberapa peninggalan penting diantaranya berupa bangunan masjid yang sudah berumur cukup tua dan memiliki banyak nilai sejarah, berikut adalah 7 masjid tertua dan bersejarah yang ada di dunia yang perlu diketahui umat Islam termasuk yang paling awal dibangun didalam catatan sejarah.

1. Masjidil Haram Mekah

Masjidil Haram Mekah

Terdiri dari 9 menara, masjid yang menjadi terbesar ini merupakan tempat berkumpulnya umat muslim saat pelaksanaan ibadah haji, masjid ini sudah mengalami beberapa renovasi yang dilakukan oleh penguasa Kota Mekah yang berbeda-beda serta penambahan beberapa bangunan lainnya.

Di sana pula didapati bangunan suci Ka’bah yang menjadi kiblat bagi umat Islam. Ka’bah sendiri merupakan bangunan tertua yang ada di bumi dan tetap berdiri kokoh hingga saat ini.

Menurut Agama Islam, Ka'bah sudah lebih dahulu ada sebelum Masjidil Haram dibangun. Adalah Nabi Ibrahim dan putranya, Ismail, yang pertama kali memasang pondasi Ka'bah. Allah SWT yang menunjukkan kepada Ibrahim lokasi di mana dia harus mendirikan Ka'bah, yakni dekat dengan lokasi Sumur Zamzam.

Ka'bah mulai dibangun Ibrahim dan Ismail pada 2.130 SM. Sebuah Batu Hitam, atau Hajar Aswad, yang dibawakan oleh malaikat utusan Allah SWT, dipasang di sudut sebelah timur Ka'bah.

2. Masjid Nabawi Madinah

Masjid Nabawi Madinah

Setelah Masjidil Haram berikutnya adalah masjid Nabawi, masjid yang sudah sangat dikenal oleh umat Islam terutama bagi para jamaah haji. Masjid ini merupakan masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam ketika beliau menetap di Madinah.

Letak Masjid Nabawi pada awalnya merupakan daerah bekas penjemuran buah kurma milik anak yatim dua bersaudara yakni Sahl dan Suhail bin Amr. Namun setelah itu Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam membelinya dan membangun Masjid serta kediaman Rasulullah di sana.

Kini masjid tersebut juga menjadi tempat dimakamkannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beserta para sahabat dan menjadi persinggahan utama kaum muslim setelah Masjidil Haram dan Masjidil Aqsa. Masjid ini juga menjadi masjid kedua yang terbesar setelah Masjidil Haram.

Masjid Nabawi adalah masjid yang dibangun dengan landasan ketakwaan. Di antara keutamaan masjid ini adalah dilipatgandakannya pahala shalat di dalamnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Shalat di masjidku ini lebih utama dari 1000 kali shalat di masjid selainnya, kecuali Masjid al-Haram.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Masjid Quba

Masjid Quba

Tepat pada tanggal 8 Rabiul Awal 1 Hijriyah, masjid ini dibangun pertama kali oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam saat hendak menuju Madinah dalam perjalanan hijrahnya, dibangun sekitar 5 kilometer tenggara kota Madinah. Masjid yang berada di daerah kawasan Timur Tengah ini merupakan masjid dengan nilai sejarah yang sangat besar.

Ketika anda menjalani ibadah umroh atau haji, masjid quba akan selalu menjadi masjid yang tentu akan anda singgahi. Pada saat ini masjid quba sudah terlihat mewah, megah dan sangat indah di pandang mata. Namun, perlu anda tahu juga masjid yang sedemikian rupa tersebut adalah hasil renovasi yang jauh dari kata asli.

Bentuknya dahulu sangatlah sederhana, namun berbagai renovasi dilakukan oleh pemerintah Saudi hingga menjadi seperti sekarang. Sementara itu renovasi besar-besaran dilakukan pada tahun 1986 dan dimuat dalam buku “Sejarah Madinah Munawwarah” karya Dr Muhammad Ilyas Abdul Ghani.

4. Masjid Qiblatain Madinah

Masjid Qiblatain Madinah

Masjid Qiblatain terletak di kota Madinah. Dahulu masjid tersebut diperuntukkan bagi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam memimpin doa. Selain itu tempat bersejarah tersebut menjadi saksi adanya pengubahan arah kiblat dari Yerussalem ke Mekkah.

Masjid Qiblatain sendiri memiliki arti masjid dengan dua kiblat. Pada permulaan Islam, orang melakukan shalat dengan menghadap kiblat ke arah Baitul Maqdis (nama lain Masjidil Aqsha) di Yerussalem/Palestina. Pada tahun ke 2 Hijriyah hari Senin bulan Rajab waktu dhuhur di masjid yang pada awalnya nama masjid tersebut adalah Masjid Bani Salamah dikarenakan letaknya yang berada di bekas rumah Bani Salamah, tiba-tiba turunlah wahyu surah Al Baqarah ayat 144.

”Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Allahnya dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan”.

Dalam shalat tersebut mula-mula Rasulullah saw menghadap ke arah Masjidil Aqsa tetapi setelah turun ayat tersebut di atas, beliau menghentikan sementara, kemudian meneruskan shalat dengan memindahkan arah kiblat menghadap ke Masjidil Haram.

Masjid Qiblatain terletak di tepi jalan menuju Universitas Madinah dekat Istana Raja ke jurusan Wadi Aqiq, 7 kilometer dari Masjib Nabawi di Madinah.

5. Masjid Jawatha

Masjid Jawatha

Masjid Jawatha juga dikenal dengan nama Al Jawana terletak sekitar 12 km timur laut Hofuf Al Ahsa Arab Saudi di desa Al Kilabiyah. Masjid Jawatha merupakan masjid yang pertama dibangun di kawasan Saudi bagian timur dan dengan struktur aslinya adalah dari reruntuhan terdahulu. Walaupun begitu masjid ini masih tetap digunakan untuk berdoa.

Yang menarik dari Masjid ini adalah sejarah dicurinya Hajar Aswad dari Mekah oleh Qarmatians dan tersimpan di masjid tersebut selama kurang lebih 22 tahun. Hanya beberapa bagian bangunan saja yang menjadi saksi berdirinya masjid tersebut dari sejak awal dan sebagian struktur aslinya sudah hilang

6. Masjid Al-Kufah Irak

Masjid Al-Kufah Irak

Menurut riwayat, Kufah dulunya merupakan tempat bermukimnya Nabi Nuh a.s, keluarga, dan kaumnya hidup sekaligus disana. Terletak 10 km di timur laut Najaf, 160 km di selatan Baghdad, dan masuk dalam jajaran masjid yang dibangun awal tersebarnya agama Islam.

7. Masjid Uqba Tunisia

Masjid Uqba Tunisia

Masjid yang tertua dan memiliki sejarah berharga dengan segudang cerita evolusi Islam, masjid dengan arsitektur seni tinggi, juga terdapat di Tunisia yakni Masjid Uqba dan merupakan basis penyebaran Islam. Masjid ini dikenal juga dengan nama Masjid Agung Kairouan dan menjadi ikon penting di negara tersebut.

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Ini Dia 7 Masjid Bersejarah Dan Tertua Di Dunia "

Post a Comment