Keajaiban Nyamuk, Begitu Detail Dan Menakjubkan Allah Menciptakannya

Salah satu perwujudan kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala lagi Maha Sempurna dalam menciptakan nyamuk, tercantum didalam Al Qur’an, dan sungguh, hanya Allah Subhanahu Wa Ta'ala saja yang mampu menciptakan hewan sekecil itupun.

Keajaiban Nyamuk, Begitu Detail Dan Menakjubkan Allah Menciptakannya

"Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, Maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir berkata: "Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini?" Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu kecuali orang-orang yang fasik" (Al Baqarah 26)

Seiring dengan maju dan pesatnya perkembangan teknologi, tetap saja tidak ada manusia pun yang mampu menyamai kekuasaan-Nya, peralatan yang super lengkap dan canggih pada nyamuk, sungguh menunjukan ke Maha Sempurnaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Banyak manusia yang meremehkan kekuasaan-Nya dalam menciptakan makhluk yang amat kecil itu, mereka menganggap nyamuk itu hanyalah sebatas makhluk pengganggu, tidak berguna dan menularkan berbagai macam penyakit yang mematikan.

Sejumlah penelitian pada masa kini memperlihatkan dengan jelas atas ke Maha Besaran Allah Subhanahu Wa Ta'ala, dengan bantuan lensa mikroskop, para peneliti membuktikan kelengkapan dan kesempurnaan penciptaan yang diberikan Allah kepada seekor nyamuk.

Anatomi Tubuh Nyamuk

Struktur Kepala dan Mata Nyamuk

Nyamuk, yang beratnya hanya mencapai 0.001 gram, memiliki 100 mata atau 50 pasang mata di kepalanya, ini dibuktikan ketika seekor nyamuk diletakkan di bawah lensa mikroskop dan diperbesar menjadi 400 kali lipat.

Mulut nyamuk memiliki 48 gigi yang  Allah Subhanahu Wa Ta'ala desain secara khusus. Sementara di dadanya terdapat 3 buah jantung dimana setiap jantung memiliki 2 atrium, 2 bilik jantung dan 2 katup jantung.

alat sensor pendeteksi panas suhu tubuh nyamuk

Selain itu, nyamuk dilengkapi dengan pendeteksi panas di bagian luar tubuhnya untuk melihat segala sesuatu dengan panas yang ia rasakan.

Karena pengindraannya tidak bergantung pada cahaya, nyamuk sangat mudah menentukan letak pembuluh darah dalam ruangan yang gelap sekalipun. Penerima panas pada nyamuk cukup peka untuk mendeteksi perbedaan suhu hingga sekecil 1/1000 C.

6 buah pisau dilengkapi pada belalai nyamuk yang kecil itu, dimana 4 pisau akan membuat luka segi empat sementara 2 pisau lainnya akan membentuk lubang sesuai ukuran tabung penghisap nyamuk.

Tempat yang licin tidak akan membuat nyamuk kesulitan untuk hinggap, karena pada bagian kakinya, Allah Subhanahu Wa Ta'ala menganugerahkan kepadanya cakar yang pada cakar tersebut terdapat alat sejenis bekam yang membuatnya dapat menempel pada tempat yang licin sekalipun.

Ketika Nyamuk Menggigit Manusia

Struktur mulut nyamuk - Ketika nyamuk menggigit manusia

Pada saat nyamuk hendak menggigit seseorang, nyamuk menggunakan alat pembius khusus yang membuat seseorang tidak merasakan sakit ketika digigit dan diambil darahnya, setelah beberapa detik , barulah efek pembiusan tersebut hilang dan manusia pun mulai merasakan gatal atau sakit.

Alat pembius yang terdapat pada nyamuk, sesungguhnya bentuk kasih sayang Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang ditujukan kepada manusia, sehingga manusia tidak merasakan sakit saat dihisap. Karena sesungguhnya manusia tidak dapat menghindar dari gigitan nyamuk, terutama di malam hari saat semua orang terlelap tidur.

Sebagaimana kita ketahui, luka seringan apa pun pada pembuluh darah akan menyebabkan tubuh manusia mengeluarkan enzim yang membekukan darah dan menghentikan kebocoran.

Enzim ini tentunya menjadi masalah bagi nyamuk, sebab tubuh manusia juga akan segera bereaksi membekukan darah pada lubang yang dibuat nyamuk dan menutup luka tersebut. Artinya, nyamuk tidak akan bisa mengisap darah lagi.

Akan tetapi, masalah ini dapat diatasi. Sebelum mulai mengisap darah, ia menyuntikkan cairan khusus dari tubuhnya ke dalam irisan yang telah terbuka. Cairan ini menetralkan enzim pembeku darah. Maka, nyamuk dapat mengisap darah yang ia butuhkan tanpa terjadi pembekuan darah. Rasa gatal dan bengkak pada titik yang digigit nyamuk diakibatkan oleh cairan pencegah pembekuan darah ini.
...Bagaimana nyamuk tahu dalam tubuh manusia ada enzim pembeku? dan bagaimana nyamuk memproduksi cairan penetral enzim tersebut, sedangkan nyamuk tidak mengetahui struktur kimianya manusia?...
Jelaslah sudah bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Tuhan dari langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada di dalamnya, telah menciptakan nyamuk dan manusia, dan memberikan kemampuan-kemampuan luar biasa dan menakjubkan tersebut kepada nyamuk.

"Segala sesuatu yang ada di langit dan bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahabesar, Maha Bijaksana. Kekuasaan dari langit dan bumi adalah miliknya. Ia memberikan hidup dan menjadikan mati. Ia memiliki kekuasaan atas segala sesuatu." (QS. Al Hadid: 1-2)

Wallahu A’lam

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Keajaiban Nyamuk, Begitu Detail Dan Menakjubkan Allah Menciptakannya"

Post a Comment