Ini Jadinya Kalau Ngantuk Lagi Baca Alquran Atau Shalat


"Apabila kalian bangun malam, sehingga bacaan al-Qurannya menjadi kacau, sampai dia tidak sadar apa yang dia baca, hendaknya dia tidur". (HR. Muslim, Ibnu Majah dan yang lainnya).

Ini Jadinya Kalau Ngantuk Lagi Baca Alquran Atau Shalat
Ilustrasi Ngantuk (Foto: uchilucuw.blogspot.com)

Ngantuk atau mengantuk adalah sebuah respon dari tubuh kita karena penurunan kadar oksigen di dalam otak, ngantuk biasanya disebabkan oleh  pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi terlalu lama misalnya saat bekerja atau mengendarai kendaraan bermotor.

Rasa ngantuk biasanya ditandai dengan persoalan nguap-menguap, dan jika anda menguap, tahanlah sebisa mungkin dan tutup mulut anda dengan punggung tangan anda yang sebelah kiri.

Mengenai persoalan menguap ini, Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan di dalam sebuah hadist, bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Oleh karena itu bila kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka wajib atas setiap muslim yang mendengarnya untuk ber-tasymit (mengucapkan “yarhamukallah”). Sedangkan menguap itu dari setan, jika seseorang menguap hendaklah dia tahan semampunya. Bila orang yang menguap sampai mengeluarkan suara ‘haaahh’, setan tertawa karenanya.” (HR. Bukhari)

Lantas bagaimana kalau ngantuk ini muncul ketika kita sedang membaca Al-quran?

Jika ini terjadi, maka bisa jadi bacaan kita ngelantur dan bahkan bisa sampai salah baca, yang tentu saja efeknya akan merusak bacaan al-quran itu sendiri.

Membaca al-quran ketika mengantuk bukannya akan mendatangkan pahala atas bacaan kita, bisa jadi bacaan yang ngelantur tadi itu, arti bacaannya menjadi salah sehingga kita berdosa disebabkan salah arti itu.

Lantas bagaimana solusinya?

Solusinya adalah, ketika ngantuk datang saat kita berhadapan dengan al-quran, segeralah hentikan membacanya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Apabila kalian bangun malam, sehingga bacaan al-Qurannya menjadi kacau, sampai dia tidak sadar apa yang dia baca, hendaknya dia tidur". (HR. Muslim, Ibnu Majah dan yang lainnya).

Dalam hadist lainnya dijelaskan,

Diriwayatkan dari A’isyah Radhiyallahu ‘anha, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Apabila kalian mengantuk ketika shalat, hendaknya dia tidur, sampai hilang kantuknya. Karena kadang ada orang yang shalat sambil ngantuk, mungkin dia hendak beristighfar, tapi mendoakan keburukan untuk dirinya". (HR. Muslim, Abu Daud, dan yang lainnya).

Solusi lainnya yang bisa kita lakukan agar rasa ngantuk itu hilang adalah, beristirahat dahulu sejenak dan niat didalam hati untuk melanjutkan membacanya ketika rasa kantuk itu sudah hilang, atau cepat-cepat ambil air wudhu atau melakukan aktivitas ringan lainnya.

Dan satu hal lagi, jangan lupa berdoa kepada Allah Ta'ala, agar Allah menghilangkan rasa kantuk dalam diri anda.

Allahu a’lam

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

2 Responses to "Ini Jadinya Kalau Ngantuk Lagi Baca Alquran Atau Shalat"

  1. Mengantuk ktika salat di anjurkan untuk tidur smpai hilang kantuknya? Bukankah solat itu lebih baik drpda tidur (assolatukhoirum minan naum)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanya aja nabi langsung...
      kan hadistnya jelas..
      kalau ngantuk sudah hilang, maka saat itu sholat bisa dikerjakan dengan sempurna dan baik...
      dalil yang ente ajukan beda sikonnya..

      Delete