PBB Sudah Akui Masjid Al-Aqsa Miliknya Umat Islam, Bukan Yahudi


“Wahai Rasulullah, masjid apakah yang pertama diletakkan oleh Allah di muka bumi?” Beliau bersabda, “Al-Masjid Al-Haram”. Abu Dzar bertanya lagi, “Kemudian apa?”. Beliau bersabda, “Kemudian Al-Masjid Al-Aqsha”. Berkata Abu Mu’awiyah “Yakni Baitul Maqdis” . Abu Dzar bertanya lagi, “Berapa lama antara keduanya?”. Beliau menjawab, “Empat puluh tahun”. (H.R. Ahmad).

PBB Sudah Akui Masjid Al-Aqsa Miliknya Umat Islam, Bukan Yahudi
Masjid Al-Aqsa (foto:catatanmusafirmuda.blogspot.com)

Terkait dengan beberapa isu dan insiden yang dilakukan oleh Israel yang berkaitan dengan kompleks Masjid Al-Aqsha dan Dinding Al-Buraq serta daerah sekitarnya, beberapa negara yang termasuk dalam keanggotaan UNESCO PBB seperti Mesir, Aljazair, Maroko, Lebanon, Oman, Qatar dan Sudan pada Kamis 13/10/206 memberikan kecaman keras terhadap Israel pada sebuah proposal anti Yahudi dan menolak Yahudi masuk ke kompleks tersebut.

Menurut laporan Haaretz, Masjid Al Aqsha dan Dinding al-Buraq adalah sebuah tempat yang hanya untuk umat Muslim saja, walaupun secara umum proposal ini mengakui bahwa Yerusalem adalah situs suci bagi umat Islam, Kristen dan Yahudi.

Pihak UNESCO telah memutuskan bahwa Masjid Al Aqsa sebagai situs suci sekaligus tempat ibadah umat Islam, dan atas keputusan itu pengamat dari Universitas Al-Azhar di Mesir mengapresiasi tindakan Organisasi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya (UNESCO).

Pengamat mengatakan, keputusan UNESCO dianggap sebagai kemenangan bagi Palestina dan semua umat Islam di seluruh dunia.

Berawal dari keputusan ini, akan ada solusi untuk masalah yang tengah dihadapi Palestina. Yakni mengakhiri penjajahan yang dilakukan Israel dan mengembalikan hak-hak Palestina secara utuh.

Setelah melalui perdebatan sejarah antara Palestina dan Israel, akhirnya Masjid Al Aqsa kini diakui sebagai peninggalan peradaban Islam oleh UNESCO. Dilansir dari Dailynewsegypt, Ahad (16/10).

Sameh Shoukry selaku Menteri Luar Negeri Mesir mengatakan, pihaknya juga telah mengunjungi Israel pada Juni lalu untuk memulai kembali proses mendamaikan Palestina dan Israel.

Pihak Mesir terus berupaya mencari solusi untuk masalah yang dihadapi Palestina dan Israel dan Mesir akan terus menyerukan perdamaian antara Palestina dan Israel

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "PBB Sudah Akui Masjid Al-Aqsa Miliknya Umat Islam, Bukan Yahudi"

Post a Comment