Ternyata Ada Orang Yang Masuk Surga Tanpa Hisab, 70.000 Jumlahnya


"Akan masuk surga sekelompok dari ummatku sejumlah 70.000 orang. Wajah-wajah mereka bercahaya seperti cahaya bulan." (HR. Bukhari)

Ilustrasi amal di  hisab atau di hitung (gambar: jiggwidaw.wordpress.com)

Sebelum seseorang memasuki pintu surga, terlebih dahulu dia akan melewati beberapa tahap pemeriksaan melalui malaikat-malaikat yang ketat penjagaannya untuk menghitung amal dan ibadah seseorang semasa hidup didunia.

Jika ia lulus dengan timbangan amal kebaikan yang lebih berat di banding amal keburukannya, maka dia lah orang yang beruntung.

Semua orang yang terkumpul saat itu, terdiri dari tiga kategori yang akan memasuki surga-Nya Allah Ta'ala,

Kategori pertama adalah mereka yang langsung masuk ke dalam surga tanpa di hisab terlebih dahulu atau dihitung kebaikan dan keburukannya dan mereka itulah yang berjumlah 70.000 orang.

Kelompok ke dua adalah mereka yang lulus dalam proses perhitungan amal kebaikannya lalu mereka dipersilahkan masuk ke dalam surga.

Kelompok ke tiga adalah mereka yang tidak lulus dalam proses perhitungan amalnya kebaikannya hingga akhirnya mereka harus menebus segala salah dan dosanya terlebih dahulu didalam neraka untuk beberapa lamanya tergantung kadar dosa dan keburukannya selama hidup di dunia, setelah dosa itu terhapus dan bersih, barulah dia dipersilahkan masuk ke dalam surga.

Tentang mereka yang berjumlah 70.000 orang itu dan masuk ke dalam surga tanpa di hisab lagi, Imam Bukhari meriwayatkan dalam sebuah hadist, bahwasannya Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda,

"Ditampakkan beberapa umat kepadaku, maka ada seorang nabi atau dua orang nabi yang berjalan dengan diikuti oleh antara 3-9 orang.

Ada pula seorang nabi yang tidak punya pengikut seorangpun, sampai ditampakkan kepadaku sejumlah besar.

Aku pun bertanya apakah ini? Apakah ini ummatku? Maka ada yang menjawab:

'Ini adalah Musa dan kaumnya,'

lalu dikatakan, 'Perhatikanlah ke ufuk.'

Maka tiba-tiba ada sejumlah besar manusia memenuhi ufuk kemudian dikatakan kepadaku,

'Lihatlah ke sana dan ke sana di ufuk langit.'

Maka tiba-tiba ada sejumlah orang telah memenuhi ufuk. Ada yang berkata,

'Inilah ummatmu, di antara mereka akan ada yang akan masuk surga tanpa hisab sejumlah 70.000 orang'.

Kemudian Nabi Shalallahu 'Alaihi Wassalam masuk tanpa menjelaskan hal itu kepada para shahabat.

Maka para shahabat pun membicarakan tentang 70.000 orang itu. Mereka berkata,

'Kita orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengikuti rasul-Nya maka kitalah mereka itu atau anak-anak kita yang dilahirkan dalam Islam, sedangkan kita dilahirkan di masa jahiliyah.'

Maka sampailah hal itu kepada Nabi Shalallahu 'Alaihi Wassalam, lalu beliau keluar dan berkata,

'mereka adalah orang yang tidak minta diruqyah (dimanterai), tidak meramal nasib (menggantungkan hidup pada ramalan-ramalan dan sejenisnya) dan tidak mita di kay (suatu metode penyembuhan luka dengan menggunakan besi), dan hanya kepada Allahlah mereka bertawakkal."

Dijelaskan pula di dalam hadits Sahl bin Sa'd radhiallahu 'anhu, dari Nabi Shalallahu 'Alaihi Wassalam, dia berkata,

"Pasti ada 70.000 orang dari ummatku atau 700.000 orang (salah seorang periwayat hadits ini ragu) akan masuk surga orang pertama di antara mereka, tidak memasukinya sebelum masuk pula orang terakhir dari mereka. Wajah-wajah mereka seperti bulan pada bulan purnama." (HR. Bukhari)

Dan dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam bersabda,

"Akan masuk surga sekelompok dari ummatku sejumlah 70.000 orang. Wajah-wajah mereka bercahaya seperti cahaya bulan." (HR. Bukhari)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassalam menyempurnakan kabar gembira itu kepada kita semua dalam hadits shahih yang lain. Baginda Nabi bersabda,

"…, Ahli surga 120 shaf, 80 shaf di antaranya dari ummatku, dan 40 shaf lagi dari ummat lainnya."(HR. Tirmidzi)

Kita memohon kepada Allah Ta'ala semoga diberikan karunia dan rahmat-Nya, dan Kita memohon pula kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar Dia menjadikan kita termasuk salah satu dari golongan orang-orang yang masuk surga yang tanpa di hisab lagi. Aamiin...

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Ternyata Ada Orang Yang Masuk Surga Tanpa Hisab, 70.000 Jumlahnya"

Post a Comment