Kisah Bilal Yang Suara Sandalnya Terdengar Di Surga, Ini Amalnya


Bilal bin Rabah, seorang budak berkulit hitam yang termasuk salah seorang sahabat Baginda Nabi yang berasal dari kota Habasyah yang sekarang di kenal dengan Ethiopia.

Lahir di As-Sarah sekitar 43 tahun sebelum hijrah dari ayah bernama Rabah dan ibunya bernama Hamamah.

Kisah Bilal Yang Suara Sandalnya Terdengar Di Surga, Ini Amalnya
Ilustrasi suara langkah kaki dari sandal bilal bin rabah (foto:brilio.net)

Bilal dikenal pula dengan sebutan Ibnus-Sauda’ atau putra wanita hitam karena ibunya sendiri merupakan seorang budak wanita berkulit hitam yang tinggal di Kota Ummul Qura Mekah.

Bilal bin Rabah telah disebutkan menjadi salah satu diantara sahabat Baginda Nabi yang akan menjadi penghuni surga, meskipun memiliki paras yang tidak menarik tetapi hatinya penuh diterangi dengan cahaya iman sehingga lantang lah ia mendeklarasikan keislaman dirinya.

Muadzin di jaman Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam tersebut telah mengalami berbagai macam siksaan semenjak menjadi budak Umayyah bin Khalaf dan menyatakan diri sebagai muslim.

Ia mengalami siksaan dengan cara dipanggang di atas terik sinar matahari di padang gurun pasir yang tandus, ia pun ditindih dengan batu besar serta mengalami sejumlah siksaan lainnya sampai ia dimerdekakan oleh Abu Bakar Ash Shidiq.

Kisahnya ini berawal pada suatu hari selepas melaksanakan shalat subuh berjamaah, Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bertanya kepada Bilal tentang amalan yang ia lakukan.

“Katakanlah kepadaku, apa amalanmu yang paling besar pahalanya yang kamu kerjakan dalam islam?”

Bilal terheran-heran karena sesungguhnya Rasulullah sendiri yang lebih mengetahui amalan mana yang besar pahalanya.

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda,

“Tadi malam, aku mendengar suara sandalmu di dalam surga.”

Dengan tertunduk hormat, Bilal berkata kepada Rasulullah,

“Saya bersuci dengan sempurna pada siang dan malam hari. Setelah bersuci, saya shalat selain shalat yang telah diwajibkan oleh Allah Ta’ala kepada saya.”

Nah, itulah sekilas kisah yang didalamnya terdapat rahasia amalan Bilal bin Rabah yang membuat suara sandal dari langkah kakinya terdengar di dalam surga meskipun ia belum diwafatkan.

Dari hadist tersebut jelaslah sudah bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam menyatakan bahwa Bilal bin Rabah pasti akan menjadi penghuni surga.

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Kisah Bilal Yang Suara Sandalnya Terdengar Di Surga, Ini Amalnya"

Post a Comment