Ternyata Masuk Itu Surga Bukan Karena Amal Kita, Tapi Karena Hal Ini


“Amal seseorang tidak akan memasukkan seseorang ke dalam surga.” “Engkau juga tidak wahai Rasulullah?”, tanya beberapa sahabat. Beliau menjawab, “Aku pun tidak. Itu semua hanyalah karena karunia dan rahmat Allah.” (HR. Bukhari)

Ternyata Masuk Itu Surga Bukan Karena Amal Kita, Tapi Karena Hal Ini
Ilustrasi Amal - Gambar (ummiindonesia)

Manusia adalah makhluk yang tidak akan pernah luput dari salah dan dosa, siapapun dia orangnya, dan apapun pangkat serta jabatannya.

Akan tetapi, sebaik-baik manusia adalah mereka yang kembali kepada jalan kebenaran setelah masa-masa kelamnya.

Jika ada seseorang yang pada masa lalunya dipenuhi dengan limpahan kesalahan dan dosa, kemudian ia bertaubat kepada Allah Ta'ala, ia perbanyak istigfar, serta hatinya selalu dipenuhi dengan isak tangis penyesalan.

Setelah itu ia didedikasikan hidupnya untuk banyak berbuat baik dan mengumpulkan amal ibadah sebanyak-banyaknya agar ia bisa menebus segala kesalahan dimasa lalunya, itulah contoh orang yang benar

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda,

“Takutlah kepada Allah di manapun engkau berada, dan iringilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik agar menghapus perbuatan buruk, dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik.”( HR. At Tirmidzi)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman,

“Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada sebagian permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Huud:114)

Tetapi ada juga orang yang selalu berbangga hati dengan segala amalan kebaikan dan ibadahnya, ia memandang dirinya layaknya orang yang sudah suci dan ia pandang orang lain tidak pernah punya kebaikan dan dipenuhi dosa.

Ingatlah, seseorang Allah masukan kedalam Surganya bukan karena banyaknya amal orang itu, melainkan karena Rahmat Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk umatnya NAbi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam.

Dari Abu Hurairah berkata, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Amal seseorang tidak akan memasukkan seseorang ke dalam surga.” “Engkau juga tidak wahai Rasulullah?”, tanya beberapa sahabat. Beliau menjawab, “Aku pun tidak. Itu semua hanyalah karena karunia dan rahmat Allah.” (HR. Bukhari)

Tidak ada seorang pun yang tahu tentang amal apa yang sudah Allah terima baginya, maka dari itu, yuk kita berlomba-lomba dalam amal kebaikan, meskipun pasti akan ada banyak rintangan dan hambatan ketika kita memperjuangkannya.

Maka janganlah kita berputus asa dari rahmat-Nya, karena seburuk apapun seseorang, lantas ia mau bertaubat, maka sesungguhnya ampunan Allah masih lebih banyak ketimbang dosa itu si hamba.

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az-Zumar:53-54)

Dunia hanya sesaat, sementara kampung akhirat adalah kekal selamanya, saat itu anak istri kita serta harta benda kita tidak akan bisa menolong kita sedikitpun dari sidangnya Allah Ta'ala.

Tugas kita sekarang adalah beramal dan terus beramal, semoga Allah memberikan kepada kita semua rahmat-Nya di dunia dan akhirat, aamiinn..

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Ternyata Masuk Itu Surga Bukan Karena Amal Kita, Tapi Karena Hal Ini"

Post a Comment