Bersedekahlah! Insya Allah Penyakitmu Akan Sembuh


“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah”. (HR. Abu Dawud)

Bersedekahlah! Insya Allah Penyakitmu Akan Sembuh
Gambar (kilk4info)

Dengan semakin berkembangnya zaman, semakin bermunculan pula penyakit-penyakit baru yang sebelum-sebelumnya belum pernah dijumpai oleh ilmu medis dan kedokteran sekalipun.

Maraknya tingkah laku keburukan dan kemaksiatan yang menjamur dimana-mana, merupakan salah satu penyebab dengan kehadirannya penyakit-penyakit baru itu.

Allah Ta'ala berfirman,

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu, adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri”. (QS. Asy-Syura:30).

Namun demikian, tidak ada suatu penyakit yang Allah turunkan kecuali diturunkan pula obatnya, meskipun untuk saat ini memang belum Allah buka tabir jenis obat yang dimaksud.

Semua ini adalah ujian agar manusia selalu ingat kepada Allah dan selalu berusaha untuk mendekati-Nya.

Namun tahukah anda bahwa ada sebuah obat yang ampuh dan mujarab untuk menyembuhkan penyakit yang sudah dibertahukan oleh Baginda Nabi 14 abad yang silam?

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda,

“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah”. (HR. Abu Dawud).

Ya, obat itu adalah sedekah, yakinlah bahwa Allah maha penyembuh segala macam penyakit, cobalah untuk memberi makan orang fakir, atau tanggunglah beban kesulitan anak-anak yatim, atau wakafkanlah harta yang dimiliki, atau keluarkanlah sedekah jariahmu.

Sungguh sedekah dapat menghilangkan segala macam penyakit dan kesulitan, musibah ataupun cobaan.

Sudah dari jaman dahulu, bahwa orang-orang soleh mengeluarkan harta mereka yang paling mereka cintai untuk bersedekah sampai akhirnya Allah angkat penyakit dan musibah yang ada pada mereka.


Kisah-kisah Tentang Sedekah Mengobati Penyakit

Dikisahkan dalam “Shahih at-Targhib” bahwa Abdullah bin Mubarak pernah ditanya oleh seorang laki-laki tentang penyakit yang menimpa lututnya semenjak tujuh tahun.

Ia telah mengobati lututnya itu dengan berbagai macam obat. Ia telah bertanya kepada para dokter, namun tak kunjung menghasilkan apa-apa.

Ibnu al-Mubarak pun berkata kepadanya,

“Pergi dan galilah sumur, karena manusia sedang membutuhkan air. Saya berharap akan ada mata air dalam sumur yang engkau gali dan dapat menyembuhkan sakit di lututmu. Laki-laki itu lalu menggali sumur dan ia pun sembuh”.

Kisah lain dalam “Shahih at-Targhib”, orang yang mengalami peristiwa ini menceritakan kepadaku,

“Anak perempuan saya yang masih kecil menderita penyakit di tenggorokan. Saya membawanya ke beberapa rumah sakit. Saya menceritakan panyakitnya kepada banyak dokter, namun tidak ada hasilnya.

Dia belum juga sembuh, bahkan sakitnya bertambah parah. Hampir saja saya ikut jatuh sakit karena sakit anak perempuan saya yang mengundang iba semua keluarga.

Akhirnya dokter memberinya suntikan untuk mengurangi rasa sakit, hingga kami putus asa dari semuanya kecuali dari rahmat Allah Ta’ala.

Hal itu berlangsung sampai datangnya sebuah harapan dan dibukanya pintu kelapangan. Seorang shalih menghubungi saya dan menyampaikan sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,

“Obatilah orang sakit di antara kalian dengan sedekah”. (HR. Abu Dawud).

Saya berkata,

“Saya telah banyak bersedekah”.

Ia pun menjawab,

“Bersedekahlah kali ini dengan niat untuk kesembuhan anak perempuanmu”.

Saya pun mengeluarkan sedekah sekedarnya untuk seorang fakir, namun tidak ada perubahan.

Saya kemudian mengabarinya dan ia berkata,

“Engkau adalah orang yang banyak mendapatkan nikmat dan karunia Allah Ta’ala, bersedekahlah sebanding dengan banyaknya hartamu”.

Saya pun pergi pada kesempatan kedua, saya penuhi isi mobil saya dengan beras, ayam dan bahan-bahan sembako dan makanan lainnya dengan menghabiskan uang yang cukup banyak.

Saya lalu membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan dan mereka senang dengan sedekah saya.

Demi Allah saya tidak pernah menyangka bahwa setelah saya mengeluarkan sedekah itu, anak saya tidak perlu disuntik lagi, anak saya sembuh total, Alhamdulillah.

Saya yakin bahwa faktor (yang menjadi sebab) paling besar yang dapat menyembuhkan penyakit adalah sedekah.

Sekarang sudah berlalu tiga tahun, ia tidak merasakan penyakit apapun. Semenjak itu saya banyak mengeluarkan sedekah khususnya berupa wakaf.

Setiap saat saya merasakan hidup penuh kenikmatan, keberkahan, dan sehat sejahtera baik pada diri pribadi maupun keluarga saya.

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Bersedekahlah! Insya Allah Penyakitmu Akan Sembuh"

Post a Comment