3 Hal Yang Dibolehkan Bagi Umat Islam Kepada Non Muslim


“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negeri dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barang siapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Mumtahanah:8-9)

3 Hal Yang Dibolehkan Bagi Umat Islam Kepada Non Muslim
Gambar - panduan belajar blog blogspot

Perbuatan kebaikan tentulah akan mendatangkan pahala bagi sipelakunya dari sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala, baik itu kepada seorang muslim maupun kepada seorang non muslim, tapi ingat, jika sudah berkaitan dengan interaksi kita dengan non muslim, ini tidak ada sangkut pautnya dengan bentuk akidah dan hanya bersifat kemanusiaan semata.

Ayat Al-qur'an yang sudah disebutkan diatas, memberikan penjelasan arti toleransi antara umat beragama, bahwa toleransi itu tidak berkaitan dengan masalah agama dan hanya dalam bentuk kemanusiaan saja.

Lalu toleransi apa saja yang diajarkan Islam dalam hal bentuk kemanusiaan kepada kaum non muslim?

1. Menolong Orang Sakit

Agama Islam tentu saja tidak membeda-bedakan bentuk pertolongan dengan latar agama manapun dalam hal untuk menolong seseorang yang miskin ataupun sakit.

Hal ini dijelaskan dalam hadist dari Abu Hurairah dimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Menolong orang sakit yang masih hidup akan mendapatkan ganjaran pahala.”

2. Berbuat Baik Kepada Keluarga Yang Masih Non Muslim

Bagi mereka terutama seorang muallaf yang masih memiliki keluarga dari kalangan non muslim tentu saja perbedaan akidah tersebut tidak lantas harus membuat hubungan keduanya menjadi renggang dan terputus.

Allah sendiri telah berfirman untuk tetap berhubungan baik selama mereka tidak memaksa kita berbuat syirik atau mempersekutukan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

“Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik.” (QS. Luqman:15).

Berbuat baik kepada kerabat dan keluarga yang masih non muslim selain bisa mempererat hubungan persaudaraan, sikap ini pun bisa jadi akan mendatangkan hidayah Allah Subhanahu Wa Ta'ala bagi mereka.

3. Memberikan Hadiah Kepada Non Muslim Tanpa Embel-embel Tertentu

Siapapun orangnya, ketika dia diberikan sebuah hadiah tentulah akan menjadi senang hatinya, begitupun hadiah yang kita berikan kepada seseorang yang non muslim sebagai bentuk toleransi beragama.

Namun tentu saja, hadiah yang kita berikan itu tidak memiliki motivasi ataupun niat tertentu dibelakangnya, contohnya bisa berupa pakaian ataupun sandang pangan, dicontohkan dalam sebuah hadist,

Dari Ibnu Umar, ia berkata, Umar pernah melihat pakaian yang dibeli seseorang lalu ia pun berkata pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, 

“Belilah pakaian seperti ini, kenakanlah ia pada hari Jum’at dan ketika ada tamu yang mendatangimu.” 

Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata, 

“Sesungguhnya yang mengenakan pakaian semacam ini tidak akan mendapatkan bagian sedikit pun di akhirat.” 

Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam didatangkan beberapa pakaian dan beliau pun memberikan sebagiannya pada ‘Umar. 

‘Umar pun berkata, 

“Mengapa aku diperbolehkan memakainya sedangkan engkau tadi mengatakan bahwa mengenakan pakaian seperti ini tidak akan dapat bagian di akhirat?” 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, 

“Aku tidak mau mengenakan pakaian ini agar engkau bisa mengenakannya. Jika engkau tidak mau, maka engkau jual saja atau tetap mengenakannya.” 

Kemudian ‘Umar menyerahkan pakaian tersebut kepada saudaranya di Makkah sebelum saudaranya tersebut masuk Islam. 
(HR. Bukhari)

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "3 Hal Yang Dibolehkan Bagi Umat Islam Kepada Non Muslim"

Post a Comment