Inilah Kesenangan Para Ahli Kubur Saat Di Ziarahi Keluarganya.


“Dulu aku pernah melarang kalian untuk berziarah-kubur. Namun sekarang ketahuilah, hendaknya kalian berziarah kubur. Karena ia dapat membuat kalian zuhud terhadap dunia dan mengingatkan kalian akan akhirat” (HR. Al Hakim)

Inilah Kesenangan Para Ahli Kubur Saat Di Ziarahi Keluarganya.
Ziarah Kubur - Foto (konsultasisyariah.com)

Seseorang yang dihatinya sering mengingat akan kematian, biasanya hatinya akan lembut dan mudah dalam menerima nasehat serta rajin dalam beribadah.

Ia lebih sering beraktifitas dalam mengumpulkan tabungan akhirat dibanding sibuk dengan berbagai urusan dunia.

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda tentang keutamaan ziarah kubur,

“Berziarah-kuburlah, karena ia dapat mengingatkanmu akan akhirat” (HR. Ibnu Majah)

Dalam sabdanya yang lain,

“Dulu aku pernah melarang kalian untuk berziarah-kubur. Namun sekarang ketahuilah, hendaknya kalian berziarah kubur. Karena ia dapat melembutkan hati, membuat air mata berlinang, dan mengingatkan kalian akan akhirat namun jangan kalian mengatakan perkataan yang tidak layak (qaulul hujr), ketika berziarah” (HR. Al Haakim)

Al Hakim meriwayatkan bahwasannya Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda,

“Dulu aku pernah melarang kalian untuk berziarah-kubur. Namun sekarang ketahuilah, hendaknya kalian berziarah kubur. Karena ia dapat membuat kalian zuhud terhadap dunia dan mengingatkan kalian akan akhirat”

Imam Al Munawi berkata didalam Faidhul Qaadir,

“Tidak ada obat yang paling bermanfaat bagi hati yang kelam selain berziarah kubur. Dengan berziarah kubur, lalu mengingat kematian, akan menghalangi seseorang dari maksiat, melembutkan hatinya yang kelam, mengusir kesenangan terhadap dunia, membuat musibah yang kita alami terasa ringan. Ziarah kubur itu sangat dahsyat pengaruhnya untuk mencegah hitamnya hati dan mengubur sebab-sebab datangnya dosa. Tidak ada amalan yang sedahsyat ini pengaruhnya”

Diceritakan oleh Utsman bin Sawad, seorang ulama salaf tentang detik-detik ibunya disaat hendak dipaggil oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, ibunya mengangkat pandangannya ke langit seraya berkata,

“Wahai tabunganku, wahai simpananku, wahai Tuhan yang selalu jadi sandaranku alam hidupku dan setelah kematiaku, jangan Engkau abaikan diriku saat m4ti, jangan biarkan aku kesepian dalam kuburku.” Kemudian ia meninggal dunia.

Utsman bin Sawad selalu berziarah ke makam ibunya setiap hari Jum’at. Utsman bin Sawad berdoa untuk ibunya, dan memohonkan ampun baginya dan semua ahli kubur yang ada di situ. Pada satu malam Utsman bin Sawad bermimpi berjumpa dengan ibunya.

Utsman bin Sawad berkata : “Wahai ibuku, bagaimana keadanmu?”

Ibunya menjawab : “Wahai anakku, sesungguhnya keematian itu yaitu kesusahan yang dahsyat. Aku alhamdulillah ada di alam barzakh yang terpuji. Ranjangnya harum, dan bantalnya terdiri dari tenunan kain sutera.”

Utsman bin Sawad berkata : “Apakah Ibu ada keperluan kepadaku? ”

Ibunya menjawab : “Iya, jangan anda tinggalkan ziarah yang anda lakukan pada kami, sungguh aku sangat senang dengan kedatanganmu pada hari Jum’at saat berangkat dari keluargamu. Orang-orang bakal berkata kepadaku: “Ini anakmu telah datang.” Lalu aku merasa senang, dan orang-orang mati yang ada di sekitarku juga senang.”

Basysyar bin Ghalib, seorang ulama salaf juga, berkata:

“Aku bermimpi Robiah al-Adawiyah dalam tidurku. Aku memang selalu mendoakannya. Dalam mimpi itu ia berkata kepadaku : “Wahai Basysyar, hadiah-hadiahmu selalu sampai pada kami di atas piring dari cahaya, ditutupi dengan sapu tangan sutera.”

Aku berkata : “Bagaimana hal itu dapat terjadi?”

Ia menjawab : “Begitulah doa orang-orang yang masih hidup. Apabila mereka mendoakan orang-orang yang sudah m4ti dan doa itu dikabulkan, jadi doa itu diletakkan di atas piring dari cahaya dan ditutupi dengan sapu tangan sutera. Lalu hadiah itu diberikan kepada orang mati yang didoakan itu. Lalu dikatakan kepadanya: “Terimalah, ini hadiah si anu kepadamu.”

Sudah seberapa sering kah kita berziarah ke makam orang tua, keluarga dan guru kita yang sudah meninggal dunia?

Seberapa banyak do'a yang kita panjatkan untuk mereka saat ini?

Sungguh, ziarah kubur serta doa kita sangat dibutuhkan oleh mereka dan selalu mereka tunggu.

Wallahu 'Alam, Semoga Bermanfaat.

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Inilah Kesenangan Para Ahli Kubur Saat Di Ziarahi Keluarganya."

Post a Comment