Surga Neraka Kita Dipertaruhkan Dengan Sebab Dua Hewan Ini


"Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS. An-Nuur, 24 : 45).

Surga Neraka Kita Dipertaruhkan Dengan Sebab Dua Hewan Ini


Bukan hanya manusia yang ada di muka bumi ini, melainkan semua jenis hewan pun Subhanahu Wa Ta'ala ciptakan dan tempatkan bersama manusia itu sendiri.

Diantara keduanya ada interaksi, dan diantara interaksi itu bisa jadi penyebab masuk atau tidaknya seseorang ke dalam surga ataupun neraka.

Didalam hadist yang akan saya paparkan dibawah ini, semoga bisa kita ambil pelajaran didalamnya, bagaimana seharusnya kita memperlakukan hewan menurut maunya Allah dan Rasulnya.

‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu ‘anhuma menuturkan, bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabdasebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim Rahimahumallahu Ta’ala,

“Seorang wanita disiksa lantaran seekor kucing. Dia mengurung kucing tersebut hingga mati kelaparan. Maka wanita itu dimasukkan ke dalam api neraka.”

Kepada wanita itu dikatakan,

“Ketika mengurungnya, kamu tidak memberikan sedikit pun makanan dan minuman! Kamu juga tidak melepaskan kucing itu agar ia bisa mendapatkan makanan dari sisa-sisa makanan di tanah.”

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda,

"Tersebutlah seorang laki-laki yang tengah kehausan. Ia mendatangi sebuah sumur, kemudian mengambil air dari sumur tersebut. Setelah dahaganya hilang, ia melihat seekor anjing yang terengah-engah. Anjing itu menjilati tanah yang lembab.

“Anjing itu pasti kehausan sebagaimana haus yang kurasakan tadi.” gumam laki-laki tersebut.

Ia pun kembali mengambil air dari sumur dengan menggunakan sepatunya. Air itu diminumkan kepada anjing hingga hilang dahaganya.

“Maka Allah Ta’ala memuji perbuatan lelaki tersebut dan mengampuni dosanya.” jelas Rasulullah.

Begitulah islam mengajarkan akhlak kepada hewan sekalipun, karena pada hewan itu sendiri ada hak yang harus kita tunaikan padanya.

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Surga Neraka Kita Dipertaruhkan Dengan Sebab Dua Hewan Ini"

Post a Comment