Ngeri, Begini Jadinya Jika Rukun Shalat Tidak Sempurna


"Sesungguhnya (ada) seseorang yang sholat selama enam puluh tahun, namun tidak ada satu sholat pun yang diterima. Barangkali orang itu menyempurnakan ruku’ tapi tidak menyempurnakan sujud. Atau menyempurnakan sujud, namun tidak menyempurnakan ruku’nya.” (HR. Al-Ashbahani dalam At-Targhib)

Ngeri, Begini Jadinya Jika Rukun Shalat Tidak Sempurna
Ilustrasi Shalat - Foto (wahdah.or.id)

Jika membaca hadits diatas, sungguh terbesik di dalam hati rasa khawatir dan takut jika kita termasuk kedalam orang yang dimaksudkan dalam hadits tersebut.

Sungguh mengerikan sekali jika kita rajin dalam melaksanakan shalat, namun karena tidak memperhatikan rukun-rukunnya dengan baik, shalat yang kita lakukan bisa tak bernilai pahalanya di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

"Sesungguhnya seseorang benar-benar selesai (dari shalat) namun tidak dituliskan (pahala) baginya melainkan hanya sepersepuluh dari shalatnya, sepersembilannya, seperdelapannya, sepertujuhnya, seperenamnya, seperlimanya, seperempatnya, sepertiganya, atau setengahnya.” (HR. Imam Abu Daud)

Padahal, amalan yang paling pertama kali diperhitungkan di akhirat kelak adalah perkara shalat.

Jika shalatnya baik, insya Allah amalan dan ibadah lainnya akan baik pula dan Allah terima.

Namun jika shalat saja sudah buruk, maka amat mungkin amalan lainnya tidak akan diperhitungkan, Naudzubillah.

"Sesungguhnya pertama kali yang dihisab (ditanya dan diminta pertanggungjawaban) dari segenap amalan seorang hamba di hari kiamat kelak adalah shalatnya. Bila shalatnya baik maka beruntunglah ia dan bilamana shalatnya rusak, sungguh kerugian menimpanya.” (HR. Tirmidzi)

Maka dari itu, yuk kita senantiasa memperbaiki dan menyempurnakan amalan shalat kita, agar Allah melihat bahwasanya shalat yang kita lakukan tidak hanya sekadar gerakan, melainkan kita hadirkan pula hati kita ke hadapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Wallahu 'Alam, Semoga Bermanfaat.

Baca juga:

BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS!
Update artikel terbaru akan kami kirim langsung ke alamat email anda.

Anda perlu mengkonfirmasi link aktivasi yang kami kirim ke email anda!

0 Response to "Ngeri, Begini Jadinya Jika Rukun Shalat Tidak Sempurna "

Post a Comment